Pendidikan Politik Yang Terabaikan

Pada dasarnya dari setiap kegiatan yang mungkin dirasakan di keseharian kita, kita akan menemui berbagai aspek yang mempengaruhi berbagai kehidupan. Poleksosbud kalau kita mengingat apa yang pernah kita pelajari di masa SMA dulu, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Itulah beberapa aspek yang sangat menentukan kondisi dan status kehidupan seseorang.

Nah yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah politik, sebetulnya apakah penting politik itu? hmm mungkin jika anda sebagai seseorang yang cukup apatis ataupun cuek terhadap politik mungkin tidak akan menyadari akan hal ini. Begitu banyak permasalahan di semua negara kita dan itu merupakan permasalahan politik. Dalam islam tersendiri, dulu seorang tokoh besar islam Umar bin Khattab pernah berkata ” ada dua pondasi yang sangat mempengaruhi kehidupan, yaitu ekonomi dan politik. Siapa yang menguasai 2 hal ini akan sangat berpengaruh di dunia” sebetulnya redaksi tidak ada edit sedikit dari penulis, tapi kurang lebih Umar bin Khattab menitikberatkan ekonomi dan politik jangan sampai dilupakan-diabaikan oleh seorang muslim.

Politik sangat mempengaruhi kehidupan kita, lalu apa sih politik itu? mungkin secara sederhana, definisi ataupun arti politik menurut kami adalah proses mempengaruhi sesuatu. Yup, hanya itu saja. Seorang Presiden sangat bertanggungjawab terhadap kebijakan yang menentukan suatu negara yang dipimpinnya, itulah politik. Seorang Walikota menentukan kebijakan suatu kota, itulah politik. Seorang ayah menentukan nanti anaknya mau jadi apa, mau kuliah dimana, itulah politik. Sederhana bukan?

Pendidikan politik sangat dianjurkan setiap dari kita memang mencoba untuk mengerti meskipun hanya sekilas. Karena disadari atau tidak, segala yang terjadi dalam negeri Indonesia ini sangat bergantung terhadap situasi politik yang ada.

Kenapa bensin selalu naik? ini ada unsur politik didalamnya. Kenapa mobil nasional (yang dulu pernah digembar-gemborkan mobil SMK) belum jadi-jadi produksi masal? ini ada unsur politik juga didalamnya. Kenapa kurikulum pendidikan di Indonesia semakin padat, semakin banyak pelajaran yang dibebankan untuk anak, bahkan hingga anak SD sekalipun padahal di hari ini di saat yang sama Finlandia yang dinobatkan sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia justru hanya membebankan sedikit pelajaran kepada setiap muridnya. Ini ada unsur politik didalamnya.

Maksudnya apa sih ada unsur politik? jika bensin naik, maka itu dipengaruhi oleh mereka yang menentukan kebijakan. Jika kurikulum pendidikan di negeri ini padat, ini ditentukan oleh mereka yang menentukan kebijakan. Itulah politik. Lalu apa saja yang menentukan politik sebuah negara? balik lagi ke poleksosbud di awal, serta akhlaq dari masing masing pemain politik. Jika di negeri ini, sangat tergantung dari seluruh Pemerintahan sebagai lembaga eksekutif, DPR sebagai legislasi, MPR sebagai majelis rapat tertinggi, ada Kepolisian dan Militer yang berperan menjaga keamanan internal dan eksternal, ada juga dari pihak pengusaha yang dengan uang yang mereka miliki bisa mempengaruhi kebijakan pemerintah. Pengusaha? apakah pengusaha juga berpengaruh, sangat!

Pada dasarnya, pemerintah memiliki dana, dan menyalurkan dana itu untuk pembangunan negeri ini. Negara mendapatkan dana dari mana? dari pajak dan hasil ekspor negara kita. Lalu siapa yang membantu untuk membangun negeri ini? maka peran pengusaha berperan disini, pengusaha yang menjalankan proyek-proyek pemerintah. Misalnya membangun jalan dan gedung, dijalankan oleh pengusaha.

Itulah mungkin sederhananya hal-hal yang berhubungan dengan politik, mengerti politik bukan hal tabu justru sebagai warga negara yang cerdas kita harus mengetahui politik dan tidak mau menerima begitu saja apa yang terjadi.

Karena politik yang buruk pengangguran semakin banyak, karena politik yang buruk pendidikan semakin mahal, karena politik yang buruk biaya kesehatan semakin memberatkan masyarakat. Dan begitu juga sebaliknya, karena politik yang sehat tidak ada pengangguran, pendidikan murah bahkan gratis, kesehatan gratis.

Politik seperti pedang, bisa digunakan sebagai pembela kebenaran ataupun pembunuh berdarah dingin. hehe. Yuk ah, belajar politik dari sekarang. Nah, kalo mau belajar politik darimana? cobalah untuk terbiasa baca koran, ataupun baca berita dunia politik di Indonesia dan dunia. Baca juga buku-buku yang berhubungan dengan politik, nyari bukunya dimana? anda pasti tau dong, coba deh ke toko buku online kami di geraibukuonline.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s