Manfaat Membaca Novel Untuk Refreshing Pikiran

Dalam hidup kita, seringkali kita mendapatkan masalah dari berbagai aspek. Baik anda seseorang yang sudah bekerja, ataupun pelajar yang sedang menjalani pendidikan di SMP – SMA. Atau jika anda seorang mahasiswa yang sedang sibuk menjalani perkuliahan tingkat awal ataupun tingkat akhir di kampus anda. Pastinya kita semua akan mendapati rasa jenuh atau bahkan pusingnya kegiatan yang sedang kita hadapi.

Inilah yang pastinya sering dilalui oleh setiap orang, bahkan bisa dibilang hampir setiap orang merasakan hal ini. Dan jika anda tidak memiliki kegiatan pendukung yang memang bisa menghindarkan anda dari kejenuhan, anda bisa sangat bosan dengan hidup anda. Lalu apa saja yang bisa kita lakukan? Mungkin membaca novel bisa menjadi salah satu alternatif yang sangat cocok untuk anda.

Apa saja yang menjadi kelebihan dalam membaca novel untuk menghindarkan kita dari rutinitas? Inilah yang akan kita bahas sejenak dalam artikel ini :

  1. Membaca novel akan membuat pikiran anda jauh lebih kreatif dengan alur cerita yang disajikan. Salah satu kelebihan novel dibandingkan dengan menonton film adalah, seru atau tidaknya cerita akan sangat tergantung dengan imajinasi yang dimiliki oleh setiap pembaca. Bahkan bisa dibilang, cerita yang sama bisa berkesan jauh berbeda antara pembaca yang satu dengan pembaca yang lainnya. Pikiran anda akan sangat jauh berimajinatif. Sebagai contoh, jika anda pernah membaca novel Lord Of The Ring, lalu anda kemudian menonton film Lord Of The Ring, pasti anda akan merasakan ada yang kurang ketika anda menonton serial Filmnya. Kenapa? Karena imajinasi anda akan jauh lebih luar biasa daripada apa yang tersaji dalam film.
  2. Membaca novel bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Yang anda butuhkan hanyalah buku ataupun ebook, jika 2 hal ini anda sudah mendapatkannya pasti anda bisa mulai membaca novelnya. Sangat berbeda dengan hal refreshing lainnya, anda membutuhkan film, butuh video player, atau bioskop, mungkin anda belum tentu bisa melakukannya ketika dalam perjalanan.
  3. Membaca novel bisa dilakukan dalam waktu singkat dan anda bisa memotongnya dan melanjutkan di kemudian hari. Hehe, kalau kita sedang refreshing nonton di bioskop pastinya harus meluangkan waktu selama durasi film berlangsung. Jika tidak kita pasti akan kelewat film yang sedang ditontonnya.

Jika ingin disimpulkan, salah satu manrfaat paling besar dari membaca novel adalah pikiran kita benar-benar bekerja dalam menerjemahkan cerita yang disajikan oleh penulis kepada kita semua. Novel, bisa jadi salah satu media untuk belajar yang sangat efektif dan bahkan tidak berkesan menggurui yang bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari kita ini. Dengan membaca kita bisa menghilangkan stres kita.

Yuk yang mau refreshing di sela-sela kesibukannya bisa juga untuk membiasakan membaca novel, pertanyaannya? Apa yang akan anda baca? Apakah novel dengan genre religi? Genre biografi yang inspiratif seperti novel Habibie Ainun? Atau genre percintaan yang saat ini di Indonesia semakin banyak percetakan yang memproduksi buku-buku novel cinta-cintaan kepada para pembacanya. Atau novel fiksi? Yang tidak nyata namun penuh dengan dunia fantasi yang luar biasa. Ini bisa kita temukan seperti novel Lord of The Ring, Harry Potter, Maze Runner, dan berbagai novel karangan Dan Brown yang pastinya sangat kental dengan genre thrillernya.

Oh ia, jika anda sudah mulai berminat untuk membaca novel maka pilihan anda sekarang adalah mencari toko buku yang menyediakan novel-novel berkualitas. Anda bisa menemukan novel-novel bermutu di geraibukuonline.com insyaAllah sebagai salah satu toko buku penyedia novel yang bisa dipercaya.

2 thoughts on “Manfaat Membaca Novel Untuk Refreshing Pikiran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s