Pentingnya Tujuan Dalam Keluarga

Pentingnya Sebuah Tujuan Dalam Keluarga

Hampir dalam setiap keluarga menginginkan kehidupan yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Segala aktivitas keluarga dilakukan dengan satu semangat sederhana, bagaimana caranya agar keluarga menjadi harmonis. Inilah yang didambakan setiap keluarga. Mereka ingin, keluargalah yang menguatkan setiap permasalahan, keluargalah yang menjadi sumber inspirasi awal ketika ada anggota keluarga yang lesu.

Untuk mewujudkan hal ini, setidaknya jika keluarga bisa kita ibaratkan dengan organisasi maka hal pertama yang harus very clear adalah tujuan keluarga itu mau kemana. Ya, menentukan tujuan keluarga dan pada akhirnya semua anggota keluarga memahami dan mengingatnya dengan sepenuh hati, inilah yang menjadi awal dari harmonis itu tadi.

Keluarga yang memiliki tujuan, yang memiliki target, maka akan ditemui sedikit perbedaan dalam setiap harinya. Apapun kegiatan akan difokuskan kepada hal-hal yang telah menjadi tujuannya, dan ini akan mempercepat tercapainya tujuan tersebut.

Keluarga-lah yang akan memperkuat fokus anda dalam meraih sesuatu, dan tidak ada lingkungan yang paling baik selain keluarga. Karena pengaruh yang diberikan oleh keluarga masih jauh lebih kuat dibandingkan pengaruh yang diberikan oleh sahabat paling dekat sekalipun.

Lalu pertanyaannya, kenapa setiap keluarga mesti memiliki tujuan dan bagaimana langkah-langkah dalam memilikinya. Mungkin akan kita ulas lebih mendalam sedikit disini :

  • Tujuan akan membantu anda untuk berkembang dalam setiap waktunya. Bagaimana tidak, dengan adanya tujuan anda bisa mengevaluasi dan menjaga aktivitas keluarga anda. Anda yang memiliki tujuan menjadi “ keluarga Al Quran” pasti akan menghiasi rumahnya dengan Al Quran di segala kondisi.
  • Tujuan-lah yang menghindari setiap keluarga dari kebosanan, dari rasa jenuh atas rutinitas sehari hari. Mungkin kebanyakan orang menganggap ini sepele, akan tetapi rasa jenuh seringkali menjadi salah satu sumber konflik di setiap keluarga.

2 hal di atas mungkin sudah cukup mewakili bagaimana jadinya sebuah keluarga yang berjalan tanpa adanya tujuan. Lalu bagaimana cara membuat tujuan dalam keluarga?

  1. Peran seorang suami atau ayah dalam keluarga harus sangat jelas sebagai pemimpin keluarga. Istri atau ibu adalah rekan paling dekat yang mewujudkan apa yang pemimpin inginkan. Peran ayah ibu yang mesti proaktiv dan selalu positif untuk mengingatkan tujuan serta apa yang ingin dicapai.
  2. Tentukan tujuan yang ingin digapai, usahakan memiliki kejelasan dalam “apa yang ingin dicapai, kapan hal itu dicapai, bagaimana cara mencapainya”
  3. Sebarkan dan pastikan semua anggota keluarga (yang sudah bisa diajak bersama, biasanya anak anak mengikuti) memahami dan ingin mencapai hal tersebut.
  4. Kepada para orang tua, pastikan menjadi teladan dalam meraih tujuan tersebut.

Hmm, semoga bermanfaat ya, entah kenapa akhir-akhir ini ingin membuat postingan tentang keluarga. Mungkin karena kita dari admin yang merasa bahwa keluarga begitu besar perannya dalam kehidupan kita. Yuk perbaiki keluarga kita maka akan berubah kehidupan kita. InsyaAllah.

# Sumber Referensi : beberapa buku keluarga, anda bisa mendapatkannya di geraibukuonline.com Toko Buku Online Keluarga

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s