Membangun Komunikasi Dengan Keluarga

membangun komunikasi dalam keluarga Keluarga adalah lingkungan pertama yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita. Segala permasalahan di luar rumah, bisa berubah menjadi begitu mudah saat di rumah mendapatkan semangat yang baik. Akan tetapi permasalahan di luar rumah juga bisa menjadi sangat berat, saat kondisi rumah tidak mendukung.

Keluarga adalah orang-orang yang paling jujur terhadap anda, paling tahu kondisi anda, dan paling bisa untuk mengerti keadaan anda, kenapa? karena merekalah yang paling sering bersama anda. Maka alangkah rumit dan sempitnya kehidupan seseorang yang justru di keluarganya tidak harmonis. Maka alangkah harus jika kita bisa meluangkan waktu dengan keluarga untuk memiliki quality time, bisa dengan refreshing ke tempat wisata seperti kebun binatang, pasar besar, taman bermain, toko buku, taman kota, tempat makan bersama. Sehingga saat refreshing ini bisa dimanfaatkan untuk menjaga tingkat harmonis antar keluarga.

Menurut penelitian kecil-kecilan, hampir semua bentuk kesalahan seseorang, ataupun tindak kriminal yang dilakukan oleh seseorang bisa dilihat dari ‘kurangnya keharmonisan di keluarga’. Ini menjadi penting, menjaga keharmonisan keluarga harus bisa dilakukan oleh siapapun.

Lalu apa yang mesti kita lakukan agar harmonisasi dengan keluarga bisa terjaga, yang pertama adalah komunikasi. Komunikasi yang mengawali akrabnya seseorang ataupun sebaliknya. Dan biasanya masalah komunikasi juga yang sering terjadi di keluarga yang tidak harmonis.

Lalu bagaimana caranya, untuk memperbaiki komunikasi mungkin inilah tahapan – tahapan sederhana yang bisa anda coba :

  • Mencoba untuk mengenal lebih jauh anggota keluarga yang ada di rumah. Kenali, ibu ayah suami istri adik kakak kita dengan perkenalan yang mendalam. Apa yang dia suka, apa yang menyebabkan dia tidak suka, perhatikan segala fakta ini.
  • Dari pengenalan yang mendalam, maka kita bisa untuk memahami anggota keluarga kita yang lain, kita tidak bisa mencoba untuk mengerti dan toleransi saat anggota keluarga kita melakukan kesalahan jika mereka belum kita pahami betul. Komunikasi yang salah sering terjadi karena belum bisanya memahami kondisi dan situasi keluarga kita.
  • Cobalah untuk menyebarkannya kepada anggota keluarga yang lain, sehingga nanti yang bisa mendengarkan, memahami bukan hanya anda, tapi juga keluarga anda yang lain.
  • Cobalah untuk menjaga lisan anda, menjaga apa yang akan anda ucapkan sehingga ucapan anda tidak menyakiti siapapun. Berusaha untuk diam saja, daripada berbicara yang tidak-tidak ataupun menyakitkan.

Begitulah mungkin yang bisa kita lakukan, seringkali ketika permasalahannya adalah komunikasi yang diperbaiki bukanlah hal-hal mendasar ini. Justru yang dibenahi hanyalah cara berbicara, cara mempengaruhi orang lain, bukan… masalah komunikasi semuanya berada dalam kendali kita. Apakah kita bisa memahami orang lain? dan apakah kita bisa bersikap wajar terhadap apa yang orang lain lakukan ketika menyakiti kita? Inilah kuncinya. Artikel ini diambil dari beberapa buku keluarga serta rumah tangga yang bisa anda dapatkan di toko buku online kami.

Semoga bermanfaat, Allah Yang Maha Tahu atas segalanya,

Yang benar datang dari Allah, yang salah dari kesalahan kami sendiri.

 

2 thoughts on “Membangun Komunikasi Dengan Keluarga”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s