Ramalan Jodoh

ramalan jodoh

Akhir tahun akan segera datang, selain membuat resolusi di tahun 2016 banyak juga orang yang mulai melihat nasibnya melalui ramalan yang kini mudah di akses dimana-mana. Bukan hanya meramal keberuntungan dari sisi karir saja, muda-mudi yang masih menjomblo juga melakukan ramalan jodoh.

Ada banyak ramalan jodoh yang berkembang di Indonesia, salah satunya menggunakan tanggal lahir atau disebut pitungan weton dalam adat Jawa, contohnya : Anggi lahir 19 agustus 1988 apakah cocok dengan Andi yang lahir 7 November 1985. Lantas bagaimana hukum serta jaminannya??

Pertama-tama perlu kita pahami bahwa kita semua dilahirkan dalam tanggal lahir yang baik dan tidak ada tanggal petaka.

Kedua, dalam Islam masa depan seseorang tidak bisa ditentukan, karena semua makhluk dibatasi oleh ruang dan waktu, yang artinya setiap makhluk memiliki tempat dan tanggal ia lahir serta mati dan tidak bisa dihubungkan antara tempat, tanggal itu dengan takdir yang akan dialami apalagi dikaitkan dengan tempat dan tanggal lahir orang lain.

Jika kita mau melakukan penelitian, akan kita temukan banyak pasangan yang wetonnya tidak selaras tapi rumahtangganya harmonis hingga ajal menjemput. Dan akan juga kita temui banyak pasangan yang wetonnya selaras tapi rumahtangganya kacau balau.  Maka mempercai weton adalah mempercai sebuah kedustaan.

Ketiga dan sangat penting untuk dipahami adalah mempercayai ramalam jodoh adalah hal yang sia-sia, tidak membawa kebaikan dan hanya menambah dosa.

Dalam Islam seseorang hanya diminta berikhtiar dan bertawakal. Berikhtiar dengan cara yang baik seperti memperbaiki diri dan ibadah juga berdoa kuat. Hasilnya kita serahkan kepada Allah disebut tawakal.

Perlu kita ingat bahwa “barang siapa yang mendatangi tukang ramal, maka shalatnya tidak diterima selama 40 hari.” (HR.Muslim 2230). Hal ini juga berlaku bagi kita yang tidak datang ke tukang ramal tapi tetap mempercayai ramalan-ramalan yang ada  misalnya di majalah, internet dll.

Mempercayai ramalan adalah bagian dari syirik. Dan Allah memandang orang yang menduakanNya seperti Semut hitam di atas batu hitam di malam gelap gulita. Na’udzubillahhimin dzalik.

Dalam islam pernikahan diberikan jaminan bahagia jika kita bisa memilih pasangan yang mencintai Allah. Apa-apa ia niatkan ibadah, dan ia bercita-cita masuk surga sehingga ia akan selalu menjaga pasangannya agar selalu di jalan Allah. Pasangan yang baik adalah untuk yang baik juga. Wallahua’lam bi shawab.

One thought on “Ramalan Jodoh”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s