Saat Anak Anda Merengek Hindari Hal Ini

anak menangisIni merupakan beberapa hal yang sering dilakukan oleh beberapa orang tua dalam menyikapi anaknya yang sedang menangis. Akan tetapi hal ini jika sedang dilakukan maka kurang baik dalam membentuk karakter anak tersebut. Berikut adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh para orang tua. 

  1. Memukul, Membentak ataupun Berbuat Kasar Kepada Anak. Berbuat kasar kepada anak memang berpengaruh kurang baik kepada anak, mereka menjadi semakin terdidik untuk mudah takut kepada orang tua. Jika anak sudah takut kepada orang tua ataupun mereka yang berbuat kasar kepadanya, maka dikhawatirkan anak ini menjadi tertutup.
  2. Memberikan HP atau mengalihkan perhatian anak kepada hal yang disukainya. Jika hal ini menjadi kebiasaan orang tua dalam menyikapi anaknya yang menangis maka ini menjadi “cara anak” dalam menginginkan apa yang dia mau. Jika ini dibiarkan, maka setiap anak ada maunya dan tidak diberikan apa yang dia mau, anak akan langsung menangis. Karena dia tahu ketika dia menangis maka orangtuanya akan memberikan apa yang dia inginkan.
  3. Membohongi Anak, jangankan untuk menenangkan anak dalam hal normal sekalipun berbohong itu tidak diperbolehkan oleh agama. Bahkan saat bercanda pun, kita harus berusaha untuk tidak berbohong. Terbiasa untuk berbohong kepada anak, maka akan secara tidak langsung melatih anak untuk berbohong juga. Seperti apa berbohong kepada anak saat menangis? misalnya, jangan nangis ya, nanti mamah beliin eskrim kalau tidak menangis. Jika sudah terlanjur maka usahakan untuk menepati apa yang sudah dikatakan.
  4. Menakuti Anak, jangan pernah membiasakan untuk menenangkan anak dengan menakutinya. Misalnya, hayooo kalau nangis terus nanti ada yang nyulik, nanti ada polisi yang nangkep dan cara-cara lainnya. Jika hal ini dibiasakan terus terjadi, maka anak akan mudah untuk takut kepada hal-hal yang disebutkan juga dengan hal-hal yang diluar rasa nyamannya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s