Mampu Melihat Yang Ghaib, Apakah Kelebihan atau Kekurangan?

anak melihatMungkin beberapa orang diantara kita banyak yang sangat tertarik dengan hal makhluk gaib, bahkan sangat tertarik. Jadi teringat dulu ketika mimin masih SD bahkan sampai usia kuliah, biasanya kalau sudah ngobrol dengan teman sekelas, dan tema yang dijadikan obrolan adalah hal makhluk gaib pasti semuanya pada betah hehe.

Apalagi sebagai orang Indonesia yang memiliki industri film yang cukup aktif juga dalam masalah produksi film-film ghaib. Pastinya banyak yang muncul dalam benak kepala kita sosok makhluk ghaib. Ada yang menyerupai perempuan berambut panjang, ada yang menyerupai jenasah dengan kafan putih meloncat-loncat (pocong kata beberapa orang), ada juga menyerupai anak kecil berkepala plontos yang doyan mengambil uang. Pastinya hal ini membuat perihal ghaib di masyarakat kita sudah tidak asing lagi. Apalagi ada juga tayangan film yang khusus membahas “uji nyali” atau “berburu” hal ghaib tersebut.

Lalu pertanyaannya bagaimana Islam dalam memandang hal ini, apakah kemampuan seseorang dalam melihat hal ghaib itu adalah KEKURANGAN ATAU KELEBIHAN?. Apalagi sekarang cukup marak juga hal yang muncul ke khalayak banyak seperti indigo. Misalnya ada seorang anak yang bisa melihat hal ghaib itu disekelilingnya apakah ini merupakan kelebihan untuk si anak? atau justru kekurangannya?

Menurut Ust. Ahmad Junaedi Lc, seorang terapis ruqyah “Itu seperti kanker akidah, harus dibuang. Kalau ada anak kecil bisa hafal Qur’an, itu disyukuri kelebihannya. Tapi bisa melihat jin, seperti yang dimiliki anak indigo, dalam Islam itu tidak ada” kata beliau. Berdasarkan hal ini berarti bahwa seseorang yang bisa melihat hal ghaib itu justru adalah kekurangan. Sebagai perbandingan Rasulullah saw saja yang merupakan manusia yang paling baik, paling sempurna dan paling pantas untuk kita teladani dalam hidup ini saja tidak bisa melihat hal ghaib kecuali yang memang Allah ijinkan. Maka jika ada seseorang yang bisa melihat hal ghaib terus menerus ini adalah sebuah penyakit yang harus bisa dihilangkan. Ghaib berarti tidak terlihat, tidak diketahui, lalu bagaimana jika bisa terus dilihat? berarti ada masalah dalam orang tersebut yang harus diperbaiki.

Pada dasarnya, manusia tidak bisa melihat jin. Oh ia kita coba menjelaskan sedikit, bisa dibilang ada 3 makhluk yang Allah ciptakan,

  1. Malaikat, merupakan makhluk ghaib yang hanya mengikuti perintah Allah saja. Malaikat ini diciptakan dengan cahaya
  2. Jin, makhluk ini juga termasuk ghaib dan ada yang mengikuti perintah Allah dan ada juga yang ingkar sebagaimana manusia. Jin diciptakan dari api
  3. Manusia, ya inilah saya, dan anda. Jika anda tidak termasuk ya berarti termasuk bagian dari makhluk yang lain hehe.

Nah, manusia itu tidak bisa melihat malaikat dan jin kecuali jika Allah mengijinkannya. Mimin ulangi jika Allah mengijinkannya. Ini berarti, kita tidak bisa melihat malaikat dan jin, dan jika ada yang bisa melihatnya ini ada yang salah.

Melihat Malaikat

Malaikat bisa dilihat? yap, bisa… ini sebagaimana riwayat yang menceritakan Rasulullah saw bertemu dengan seorang pemuda yang tampan ketika Rasulullah saw berkumpul dengan sahabatnya. untuk haditsnya bisa dilihat di link berikut hadits arbain ke-2: iman, islam dan ihsan.

Dalam hadits tersebut diceritakan dengan jelas bahwa malaikat Jibril bertemu dengan Rasulullah saw dalam kondisi manusia, seorang pria yang tampan. Nah menurut para ulama, ini membuktikan bahwa malaikat bisa dilihat oleh manusia saat mereka sedang berwujud manusia (dengan ijin Allah). Lalu dalam riwayat yang lain juga malaikat bisa berwujud yang lain, seperti seekor kucing dalam kisah seorang nabi. (Maaf untuk dalilnya kita belum menemukan, masih coba buku2 dan artikel dulu, kalo sudah ketemu kita revisi lagi artikel ini) Seekor kucing yang selalu melihat seorang pria, lalu setiap pria tersebut pergi kemanapun, maka kucing itu selalu mengikutinya dan kembali menatap padanya. Lalu saat pria ini berpapasan dengan seorang nabi dan bertanya mengenai hal ini, nabi itu berkata bahwa kucing itu adalah malaikat maut.

Nah ini berarti malaikat bisa dilihat tapi atas ijin Allah. Dan karena malaikat selalu menuruti perintah Allah, maka malaikat tidak akan pernah mewujudkan diri (untuk bisa dilihat manusia) atas kehendaknya. Jadi bisa jadi ada malaikat yang hadir disekeliling kita dalam wujud yang bisa kita lihat, misalnya ada seseorang yang minta bantuan, lalu apakah kita membantunya? atau ada seekor kucing yang selalu minta makan kepada kita, apakah kita kasih makan? hmmm kalau melihat ke beberapa hadits diatas bisa jadi itulah malaikat yang Allah perintahkan untuk memberikan pengajaran mengenai kehidupan kepada kita. Oke sampai sini bisa dimengerti??

JIN

Jika ada yang makhluk ghaib yang dibilang bisa dilihat oleh orang-orang yg sedang kita bahas ini, maka kemungkinan besar mereka adalah jin. Makhluk ghaib yang terbagi menjadi 2, menaati perintah Allah dan yang mengingkari perintah Allah.

Karena itulah jin ada yang bersifat membisiki, mengganggu dan lain sebagainya kepada manusia. Jika ada yang mengaku indigo, maka kemungkinan besar yang bisa dia lihat adalah jin.

Menyembuhkan

Pertanyaannya, jika menurut para ulama bisa melihat makhluk ghaib adalah sebuah kekurangan, lalu bagaimana cara menyembuhkannya.?

sebentar ya.. nanti dilanjutkan.. ini dipublish dulu.

——

sudah di lanjutkan hehe…

Cara dalam islam yang kita ketahui adalah dengan melakukan terapi ruqyah. Yaitu dengan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah saw dengan maksud mengeluarkan jin dari gangguan di tubuh orang yang bersangkutan. Caranya, mungkin nanti kita bisa posting di artikel yang lain, tapi untuk sementara mungkin anda bisa langsung bertanya kepada yang lebih ahli. Tapi kami sangat merekomendasikan kepada para ustad yang memang ahli dalam ruqyah ini.

Lalu bagaimana dengan tindakan yang bisa dilakukan oleh pribadi yang bersangkutan? Setelah berbicara dengan 2 orang teman, kebetulan kami memiliki 2 orang teman yang mengalami hal yang sama yaitu bisa melihat hal yang ghaib dan sekarang sedang proses penyembuhan. Yang paling berpengaruh adalah membaca doa-doa pagi dan petang yang biasa Rasulullah saw baca atau biasa kita tahu adalah dzikir alma’tsurat. 2 teman kami ini sepakat bahwa al ma’tsurat kubro yang paling enak untuk bisa menjaga diri agar bisa menekan gangguan jin lebih minim lagi.

Untuk link alma’tsurat audio bisa di link youtube ini << klik

POIN PENTINGNYA ADALAH …. 

Untuk menyembuhkan anda bisa mencoba terapi ruqyah serta membiasakan diri anda untuk senantiasa membaca al ma’tsurat kubro disetiap pagi dan petang. Dalam beberapa saran yang lain (dari teman kami yang mengalami gangguan ini) adalah membiasakan mendengar atau membaca surat al baqoroh di setiap harinya. Ini bisa membantu menyembuhkan kita semua dari gangguan jin.

Jadi… memiliki kemampuan untuk melihat hal yang ghaib bukanlah sebuah kelebihan dan tidak seharusnya kita berbangga dengan hal ini. Karena justru ini bisa mengganggu aqidah kita sebagai hamba Allah, dan menjadi semakin jauh dari Allah.

Biasanya mereka yang bisa melihat hal yang ghaib justru menjadi lebih sulit fokus dalam beribadah, serta kurang nyaman dalam kehidupan sehari-harinya. Ibnul Qayyim Al Jauziyah seorang syaikh besar islam pernah mengatakan seseorang yang bisa melihat hal ghaib dan tidak berusaha menyembuhkan dirinya, aqidahnya bisa dipertanyakan.

Yuk kita perbaiki diri kita, masih banyak yang harus kita pikirkan dan selesaikan di dunia kita sebagai manusia. Jadi saat kita sering diganggu oleh makhluk ghaib, banyak tugas-tugas kita sebagai manusia yang bisa terganggu juga.

Semoga bermanfaat, mohon maaf untuk segala kekurangannya. Apalagi Al Quran sudah mengungkapkan, bahwa pengetahuan kita tentang dunia ghai sangatlah kecil yang Allah berikan, Allah lah yang Maha Mengetahui Hal yang ghaib.

Wallahu’alam..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s