Cara Sederhana Untuk Mengelola Keuangan

mengelola keuanganBanyak dari para pegawai ataupun mereka yang memiliki penghasilan yang kesulitan dalam mengelola keuangan mereka. Padahal bisa dibilang, mengelola keuangan inilah yang membedakan antara orang yang kaya dan orang yang miskin. Penghasilan bisa sangat jauh berbeda, tetapi keahlian untuk mengelola keuangan ini memang sangat menentukan finansial seseorang.

Untuk mengelola keuangan, paling sederhananya adalah dengan membagikan pemasukan anda kepada posisi-posisi berikut:

  1. Pisahkan dahulu sekian persen untuk pengeluaran yang bisa diinfakkan oleh anda. Ingat mengeluarkan sedekah di awal pemasukan untuk memastikan kita bisa sedekah. Karena jika kita mengakhirkan porsi sedekah di akhir biasanya justru kita tidak ada uang yang tersisa untuk sedekah.
  2. Pisahkan hal yang menjadi pengeluaran penting dan pengeluaran yang tidak penting. Pengeluaran penting itu pengeluaran yang tidak bisa ditunda ataupun ditawar-tawar lagi.
  3. Jika anda punya rencana untuk beberapa bulan kedepan, lakukan menabung yang terencana sehingga rencana nanti bisa terlaksana dengan baik. Ingat dengan terbiasa menabung anda akan terbiasa untuk memanage uang. Saat anda bisa memenej uang yang kecil, maka bisa dipastikan anda bisa memenej uang yang besar.
  4. Jangan boros dalam melakukan pengeluaran dari dompet anda. Jangan sampai ada pengeluaran untuk hal yang tidak penting dikeluarkan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s