Para Istri, Cara Ini Bisa Menjaga Uang Keluarga Anda

mengelola keuangan istriRata rata seorang istri menjadi bendaharanya suami di rumah. Akan tetapi seringkali para istri sering bingung dengan kondisi keuangan yang tidak menentu, apalagi sekarang harga lagi pada naek naek ga karuan. Kadang berapapun uang yang diberikan suami untuk kebutuhan rumah tangga keluarga sulit untuk dikelola dengan baik, dan seringnya justru nombok.

Lalu bagaimana caranya agar keuangan keluarga menjadi lebih terkontrol dan tidak bocor terus menerus? Mungkin hal hal sederhana dibawah bisa menjadi solusi buat anda. (Semoga saja :))

Pastikan Kembali Pemasukan Rumah Tangga Anda Berapa?

Yang paling penting dari semua artikel ini adalah, berapa anggaran belanja keluarga anda? Nah ini yang paling urgen, hehe, karena tidaklah mungkin kita mau menyisihkan untuk nabung dan rencana-rencana apapun jika ternyata uang yang ada memang besar pasak daripada tiang.

Coba di hitung kembali, berapa pemasukan suami, berapa juga kontribusi anda (sebagai istri) untuk membantu anggaran rumah tangga (jika perlu). Jika sudah lalu tentukan berapa anggaran bulanan yang harus keluar, sekali lagi saya ulangi Harus keluar, bukan pengen keluar.

Misalnya suami anda memiliki penghasilan 10.000.000 rupiah, (wah alhamdulillah) mungkin anda sebagai istri juga akan lebih mudah mengelola keuangannya daripada istri lain yang suaminya hanya memiliki penghasilan 6.000.000 rupiah, apalagi yang pemasukannya lebih sedikit daripada itu hehe.

Semakin besar pemasukannya akan membuat anda lebih mudah mengelola keuangannya.

Maka, jika pemasukan keluarga anda masih dirasa kurang. Maka saran dari kami adalah mencoba belajar lagi dan mencari tahu bagaimana caranya menambah pemasukan. Bisa menjadi ikhtiar suami ataupun anda sebagai istri.

Pastikan Beberapa Pengeluaran Perbulan dari Keluarga Anda

Jika anda sudah selesai dengan “memperbaiki pemasukan keluarga anda” maka langkah selanjutnya adalah, memperbaiki pengeluaran keluarga anda. Banyak juga orang yang memiliki penghasilan 10.000.000 rupiah tetapi masih pusing juga, karena memiliki pengeluaran rutinan 10.500.000 rupiah, hehe nombok.

Jadi hal sederhana ini yang menjadi penting, biasanya, pengeluaran belanja keluarga anda setiap hari / setiap bulannya habis untuk apa? Coba di list kembali hal hal yang menjadi pengeluaran perbulan anda, jangan sampai banyak uang terbuang hanya untuk membeli hal hal yang sebenarnya tidak perlu-perlu amat.

Langkah Selanjutnya

Jangan lupa untuk membiasakan sedekah dan menabung. Hal yang selalu kami sarankan kepada para pembaca adalah, semangat menabung dan semangat melakukan sedekah. Sungguh ini yang akan membantu keuangan keluarga kita kelak.

Jadi untuk poin utama di artikel ini adalah,

  1. Perbaiki pemasukan keluarga anda, cobalah untuk belajar kembali dan miliki bisnis sampingan (siapa tau justru sampingan ini nanti akan membesar)
  2. Perbaiki pengeluaran keluarga anda, hati hati dengan pengeluaran yang tidak perlu, coba list kembali daftar pengeluaran bulanan anda, biasakan untuk mencatat setiap pengeluaran yang terjadi sekecil apapun itu.
  3. Biasakan untuk sedekah dan menabung sesedikit apapun itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s