Shalat Malam Ibadahnya Orang-Orang Sholeh

shalat malamShalat Malam Ibadahnya Orang-Orang Sholeh – Shalat malam atau qiyamul lail merupakan salah satu ibadah dimana kita menghidupkan malam. Biasanya kita melakukan shalat di malam hari selepas kita tidur ataupun sebelum tidur. Ada beberapa pendapat mengenai apakah kita mesti tidur dulu sebelum qiyamul lail? atau jika kita tidak tidur juga tidak apa apa. Mungkin hal ini akan kita coba bahas di lain kesempatan.

Ibadah ini merupakan salah satu ibadah yang paling sulit dilakukan, bagaimana tidak… sering kali kita terlalu nyenyak istirahat dan oleh karenanya mereka yang mampu terbangun dan bangkit (karena banyak yg bisa bangun malam tapi tidak tergerak hatinya untuk shalat) untuk menunaikan shalat adalah orang orang yang Allah pilih.

Shalat malam adalah ibadah yang biasa dilakukan oleh orang-orang shaleh, ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah secara pribadi menyendiri di malam hari hanya denganNya,  penghapus berbagai kesalahan yang telah dilakukan, dan pencegah dari segala perbuatan dosa yang mungkin dilakukan.

Rasulullah saw bersabda :” hendaklah kalian shalat malam, karena shalat malam adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa ” (HR. Tirmidzi)

Memang benar, kita semua ini masih sangaaaat jauh dari dikatakan tergolong orang orang yang shaleh. Apalagi dengan segala tindak tanduk kita yang (pastinya) lebih banyak kesalahanya dibandingkan baiknya. Tapi saat kita terbiasa untuk mendirikan shalat malam, di setiap harinya, bahkan meskipun itu hanya sebentar, hanya beberapa menit saja. Lama kelamaan kebiasaan ini pulalah yang siapa tahu bisa menyelamatkan dari api neraka (aaamiiiiiin).

Perlahan yuk kita coba tempa diri kita, sedikit demi sedikit perbanyak ilmu dan wawasan yang mempermudah kita untuk memperbanyak amal shaleh di hadapan Allah. Coba kita perbaiki sedikit demi sedikit ibadah kita, terutama shalat. (Mungkin buku Sudah Benarkah Shalatku dari Ust Aam Amiruddin bisa jadi salah satu referensi kita. )Lalu coba masukkan ke dalam doa, semoga kita bisa semakin baik di setiap harinya, salah satunya bisa terbiasa untuk berdialog dengan Allah di setiap malam. Mengadu, curhat atas segala masalah yang menempa diri, mengeluh dan meminta bantuan hanya pada Allah sehingga diri kita hanya berserah kepada Allah. Shalat malam adalah salah satu kunci agar hati kita lapang, keteguhan kita kuat, dan azzam kita tinggi untuk bisa terus optimis bisa keluar dari segala permasalahan yang kita hadapi di dunia. Shalat malam, waktunya Allah menolong kita di waktu berharga.

Yuk kita coba biasakan… insyaAllah…

Semoga bermanfaat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s