Manfaat Gerakan Sujud Dalam Shalat Untuk Kesehatan

sujudManfaat Gerakan Sujud dalam Shalat Untuk Kesehatan –

Halo sahabat baca semua, pastinya mungkin diantara para sahabat tidak merasa asing dengan artikel ini. Yup hampir semua dari kita pernah mendengar satu fakta kesehatan populer yaitu manfaat gerakan shalat bagi kesehatan, termasuk gerakan sujud dalam shalat.

Sujud adalah posisi dimana kita memang berada dalam kehinaan dihadapan Allah. Yup, kita semua ini sangatlah hina, dan sangatlah pantas jika kita harus bersujud di hadapan Allah yang menciptakan serta menguasai seluruh alam semesta ini. Sujud adalah bentuk menghilangkan kesombongan diri kita terhadap dunia yang kita berada di dalamnya. Apapun posisi dan jabatan pekerjaan kita, kita tetap harus bersujud kepada Allah swt.

Dan… secara kesehatan, sujud juga sangat bermanfaat untuk memberikan keseimbangan pada tubuh kita. Berikut beberapa manfaat sujud untuk kesehatan yang telah kami rangkum dalam beberapa artikel lain :

  1. Sujud mengalirkan darah ke otak kita lebih sempurna. Bahkan ada seorang peneliti yang sangat terkagum-kagum dengan islam saat mengetahui ada satu daerah di otak kita yang ‘hanya akan teraliri darah’ itu ketika dalam posisi sujud. Subhanallah. Inilah mengapa, kadang kalau kita merasa sakit kepala, salah satu posisi yang sangat enak (tapi kadang pusing juga) itu ketika kita sedang sujud.
  2. Sujud juga membantu kerja sel sel yang berada dalam otak. Darah yang mengalir ke dalam otak, akan membuat oksigen yang terangkut ke dalam otak semakin banyak. Hal ini sangat bagus untuk memaksimalkan kinerja otak untuk digunakan dalam berpikir dan membuat keputusan. Apalagi jika posisi sujud dilakukan secara khusyu, tidak terburu buru, dan berulang kali ( nah kita kan sholat harus seperti itu).

Mungkin 2 hal ini dulu yang ingin kita sampaikan, justru dengan mengetahui dan kembali mengingat hal ini akan membuat kita semakin bersyukur dan semakin mengimani apa yang Allah berikan dan perintahkan kepada kita semua. Yuk semoga dengan mengetahui hal ini, kita semakin khusyu dan penuh tadabbur saat mendirikan sholat lima waktu dan sholat sunnah lainnya. insyaAllah

2 thoughts on “Manfaat Gerakan Sujud Dalam Shalat Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s