Buah Kurma Palsu Di Indonesia

image

Hari-hari menjelang Ramadhan, suasananya sudah mulai terasa ya? Iklan sirup di TV sudah mulai bergentayangan ditambah swalayan-swalayan mulai menyediakan makanan khas Ramadhan.

Kurma adalah salah satu buah yang menghiasi swalayan juga pasar-pasar saat ini. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, mengikuti sunnah Rasul berbuka dengan yg manis menjadikan kurma laris dipasaran saat ramadhan. Tapi tahukah kita bahwa kurma yg hadir di Indonesia 90% adalah palsu??

Tenang..tenang.. palsu disini bukan seperti halnya beras plastik yang sekarang sedang buming. Palsu disini adalah karna tidak ada buah aslinya. Hampir seluruh kurma yang ada di Indonesia adalah manisan atau kurma fermentasi. Hal ini karena sifatnya yg diimpor sehingga dibuat agar bisa tahan lama.

Sayangnya..kurma manisan ini khasiatnya jauuuh dibandingkan kurma asli. Jelas ini karna jika menjadi manisan maka kurma sengaja direndam di air gula sebagai pengawet alami.

Oh ya..ciri kurma asli bukan manisan adalah dari warna salah satunya. Kurma yg asli hanya berwarna kuning dan merah. Jika sudah coklat dan hitam rata2 mereka sudah diawetkan. Meski ada juga kurma asli yang gelap. Ciri lainnya adalah masih bertangkai, gurat2 keriputnya pun baik dan nampak rapih serta tidak rusak buahnya.

Lalu bagaimana?? Sejauh ini..minimalnya adalah tidak berlebihan dalam segala hal. Makanlah kurma secukupnya. Syukur2 jika kita bisa beli kurma asli (biasanya biro haji atau penjual herbal menyediakan meski harganya mahal).

Selamat menyambut Ramadhan.. semoga masih ada usia bagi kita untuk bertemu dengannya.
Wallahua’lam bi shawab

Iklan

3 thoughts on “Buah Kurma Palsu Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s