3 Langkah Manajemen Uang Bagi Anak

image

Uang adalah hal yang kadang sangat membingungkan. Banyak orang berkata lebih mudah menghabiskan uang dibandingkan mencarinya. Yaa..begitulah.

Pendidikan mengenai uang bagi anak adalah kebutuhan urgent. Pemahaman yang salah tentang uang akan membuat anak menjadi tidak waspada, tidak amanah bahkan bisa fatal menjadi koruptor.

Bagi Anda yang memiliki anak usia sekolah, inilah saatnya mengajarkan manajemen keuangan jajan pada anak. 3 tips sederhana semoga membantu.

1. Saat anak sudah mengenal uang, sudah bisa menulis, buatkanlah buku catatan kecil menarik yang akan digunakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran dlm 1 hari tersebut. Ini untuk membiasakannya menjaga alur keuangan, jika uang dgn nominal kecil mampu ia manajemen dgn baik, kelak ia akan bisa mengatur uang besar. Anda sebagai manager keuangannya harus terus mengecek buku ini agar bisa memantaunya.

2. Berikan pemahaman bahwa uang didapat dengan kerja keras. Ajaklah sesekali ia ke pasar, melihat pedagang kaki lima,dll yg bisa membuatnya paham bahwa kita harus bekerja jika mau punya uang bukan minta-minta.

3. Latih ia agar bisa membuat prioritas. Sering ajak diskusi mengenai barang yang ingin ia beli. Berikan penjelasan baik dan buruknya jika membeli barang tersebut , sehingga membuatnya bisa mempertimbangkan apakah barang itu memang ia perlukan atau tidak.

Selanjutnya..ajakalah ia berbelanja agar ia paham bahwa tak mudah berbelanja dengan banyak pilihan sedangkan uangnya sedikit.
Tegas dalam menegakan peraturan juga sangat penting, jika sang anak merengek ingin sesuatu padahal sudah dibuat perjanjian hanya membeli makanan..maka tegaslah..sebab itu yang akan membuatnya berfikir dan disiplin tentang uang.

Wallahua’lam bi shawab

Iklan

2 thoughts on “3 Langkah Manajemen Uang Bagi Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s