Jual Ginjal Perlukah

jual ginjalSebenernya ini berita lama, tapi miris juga melihatnya. Bisa jadi ini hanyalah yang terlihat di permukaan, bisa jadi jumlah masyarakat yang melakukan hal yang sama seperti ini ( jual ginjal) sangat banyak di negeri ini. Pertanyaannya apakah yang mesti kita sikapi?

Berlebihan ? Jelas sekali ini berlebihan, apalagi ginjal adalah salah satu organ tubuh dalam diri kita yang sangat penting. Kehilangan 1 ginjal bukan berarti kita akan bertahan hidup dengan sama baiknya ketika ada 2 ginjal. Fungsi ginjal sebagai pencuci darah dalam tubuh kita pastinya berperan sangat penting. Lihat saja mereka yang mesti bolak balik cuci darah pastinya habis berapa puluh juta setiap bulannya?

Masalah utama adalah kemiskinan, inilah yang jadi masalah akut bangsa ini. Dari kemiskinan maka akal semakin sulit untuk sehat. Bahkan Rasulullah saw memberikan nasihat bahwa kefaqiran (kemiskinan) sangatlah dekat dengan kekafiran. Jadi jangankan untuk memiliki akal yang sehat, bahkan keyakinan dalam agamapun bisa sangat goyah saat kondisi finansial kita terpuruk.

Semoga sebagai manusia biasa, kita bisa sangat peka untuk mengetahui kebutuhan ekonomi orang orang disekitar kita. Jangan sampai harta yang kita miliki (ada hak orang lain didalamnya) tidak tersalurkan dengan merata.

Dalam al quran disebutkan pula, jangan sampai kekayaan hanyalah berputar di orang orang kaya di antara kalian. Ini berarti ada juga fungsi pemerintah yang mestinya sangat peka terhadap kondisi seperti ini. Semoga pemerintah kita melalui dinas dinasnya bisa mewakili rakyatnya dalam kesehatan ini.

Dalam islam, setiap ada orang yang dipimpin berada dibawah tanggung jawab setiap pemimpinnya. Bahkan saat Umar bin khattab menjadi khalifah, pernah berkata ” jika ada kambing yang keseleo maka itu masuk tanggung jawabku sebagai khalifah di hadapan Allah kelak.”

Jadi ada dua mungkin yg mesti dilakukan, sebagai masyarakat kita bantu dg infaq dan sedekah untuk meratakan kekayaan. Dan pemerintah membantu memastikan anggarannya untuk mengurusiĀ  kebutuhan finansial masyarakat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s