Seberapa Jauh Kita Mengimani Surga dan Neraka

surga nerakaSejauh mana kita mengimani surga dan neraka? Surga dan neraka adalah 2 perkara yang sering disebut di dalam al quran. Surga sebagai tempat kita kembali sebagai bentuk pembalasan atas apa yang kita lakukan, kita masuk ke dalamnya jika Allah ridha terhadap apa yg kita lakukan di dunia. Sedangkan neraka, adalah tempat dimana Allah menghukum kita atas apa yg kita lakukan di dunia, ini terjadi jika kita melakukan apa yang Allah larang dan kita tidak mendapatkan ridha Nya, serta kesalahan kita lebih banyak dibandingkan kebaikan kita.

Pertanyaannya, seberapa besar iman kita terhadap surga dan neraka? Jika anda adalah seorang muslim, maka nilai keimanan anda (jika ada rentang nilai dari 1 – 10) adalah antara  6 – 10. 6 – 10 karena anda sudah beriman kepada Allah.

Jika anda masih sering berdoa dan memasukkan ke dalam doa doa harian anda, entah itu setelah shalat ataupun dalam banyak kondisi, anda suka meminta “semoga dijauhkan dari api neraka dan dimudahkan masuk ke dalam surga” ini lah yang menjadi penilaian pertama.

Seberapa sering kita berdoa agar Allah memasukkan kita (dan orang orang disekitar kita) ke dalam surga dan dijauhkan dari neraka, lalu seberapa serius kita berdoa mengenai hal itu, dan seberapa ‘beriba-iba’ nya kita dalam meminta hal itu, ini semua yang menjadi penilaian Allah dalam keimanan kita terhadap surga dan neraka.

Jika kita masih suka berdoa mengenai surga dan neraka, hanya tahunan saja, maka anggaplah keimanan kita itu 6 dari 10. Jika kita menjadi semakin sering berdoa menjadi bulanan, maka nilai keimanan kita naik dan terus naik.

Maka berbahagialah mereka yang selalu rajin berdoa mengenai surga dan neraka kepada Allah, karena kelak Allah kan bangga dengan hambaNya yang selalu berharap dimasukkan ke dalam surga, padahal dia sama sekali belum pernah melihat surga sama sekali. Dia meminta dan memohon kepada Allah, murni karena itu adalah pemahaman dan keimanannya sebagai seorang muslim.

Maka kelak Allah kan berkata, jika belum melihat saja dia sudah serindu ini dengan surga, maka bagaimana jika Allah akan memasukkannya?? insyaAllah.

Semoga bermanfaat, insyaAllah kan bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s