3 Rahasia Abdurrahman Bin Auf dalam Membangun Bisnis

Sebuah kebahagiaan bisa bertemu dengan seorang teman, mungkin inilah yang paling sering kita rasakan saat bertemu orang yang kita kenal di tempat yang tidak kita bayangkan. Begitu pula yang saya rasakan waktu kemarin kemarin sempat bertemu dengan kenalan yang sejak dulu saya sering belajar ke beliau.

Beliau adalah Abdul Razaq, salah seorang penggerak di Indonesia Islamic Business Forum yang berdomisili di Cimahi. Saat itu pertemuan yang tak direncanakan, tiba tiba saat ngobrol lagi asyik, beliau langsung mengutarakan tentang rahasia Abdurrahman bin Auf dalam membangun bisnisnya.

Ada 3 rahasia yang Abdurrahman bin auf lakukan dalam membangun bisnisnya, apa saja? berikut 3 hal tersebut :

Pertama, Selalu berusaha untuk mengambil keuntungan yang sedikit yang penting adalah berkahnya. Inilah salah satu kebiasaan dari Abdurrahman bin Auf dalam menjalankan bisnisnya. Mengambil untung yang sedikit. Banyak para pengusaha ataupun pedagang saat ini yang mengambil keuntungan selangit, padahal barang yang dia jual sama saja dengan yang lain. Harus diingat, harga itu harus sesuai dengan yang diberikan. Jika pelayanannya bagus, maka harga juga harus disesuaikan dengan yang pelayanannya biasa saja. Tapi memberikan harga yang kompetitif memang jadi kelebihan Abdurrahman bin Auf, dan ingat, yang paling penting adalah mendapatkan keberkahannya dari setiap transaksi. Bagaimana tidak, dengan harga yang lebih murah (karena hanya mengambil untung sedikit) maka pembeli pun akan lebih senang insyaAllah.

Kedua, Selalu berusaha untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik. Inilah dia yang sangat harus diutamakan oleh para pengusaha. Memberikan produk yang baik, tapi dengan harga yang tidak terlalu memberatkan pembeli. Pada dasarnya tidak ada harga yang tinggi jika itu sesuai dengan kualitas barang yang kita jual. Selalu memastikan barang yang dijual adalah barang yang terbaik dan memuaskan pelanggan.

Ketiga, Mempermudah pembeli bukannya mempersulitnya Nah ini dia nih yang sangat sulit untuk dilakukan oleh banyak orang. Eit tapi tunggu dulu, ini bukan berarti yang pengen hutang langsung dibolehin, bukan…. bukan kaya gitu. Tapi memberikan pelayanan serta fasilitas yang memang mempermudah pembeli untuk mendapatkan produk yang kita miliki. Di zaman sekarang ini, mungkin contohnya bisa dengan memberikan kemudahakan untuk di hubungi oleh pelanggan, seperti tukang baso di rumah saya, jualannya si pake gerobak di dorong, tapi bisa pesan juga via BBM! Hehe, prinsipnya, mempermudah pembeli untuk pelayanan. Saat menawar silakan untuk dimudahkan, tapi jangan sampai kita rugi, ingat prinsip pertama, yaitu ambil untung sedikit juga gapapa yang penting berkah.

Semoga bermanfaat.

Iklan

2 thoughts on “3 Rahasia Abdurrahman Bin Auf dalam Membangun Bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s