Jumlah Muslim Di Amerika Berkembang Pesat

muslim amerika shalat di tempat umum

Halo para pecinta baca dan ilmu semua, hari ini kita akan coba postin sejenak tentang kondisi muslim di luar negeri. Artikel ini kita kutip dari merdeka.com, untuk yang ingin mengetahui link aslinya bisa didapatkan di akhir artikel ini.

Kelompok pencari fakta asal Amerika, Pew Research Center menemukan kalau dalam 30 tahun terakhir, jumlah penduduk muslimin di seluruh dunia telah meningkat pesat. Data statistik menunjukkan, pada tahun 1973 penduduk Muslim dunia sekitar 500 juta jiwa. Namun, saat ini jumlahnya naik sekitar 300 persen menjadi 1,57 miliar jiwa. Waw, itu berarti satu dari empat penduduk dunia beragama Islam. Alangkah bahagianya kita mengetahui hal ini, meskipun sedikit aneh juga, di luar negeri islam semakin berkembang, tapi di Indonesia Islam terasa semakin tersisihkan.

Lalu studi tersebut mengatakan bahwa hampir 46 juta Muslim berada di benua Amerika. Di negara super power, Amerika Serikat, agama Islam dipeluk oleh sekitar 2,5 juta orang. Sementara itu, di Kanada jumlah pemeluk Islam mencapai 700 ribu orang. Tak jauh berbeda dengan Argentina. Umat Islam di negara Tango itu mencapai 800 ribu orang, dan merupakan pemeluk Islam terbesar di Amerika Selatan. Wah berarti di sekitar Lionel Messi banyak orang muslim yang shalat lima waktu seperti kita ya hehe.  Sementara itu, di Suriname, pemeluk Islam mencapai 16 persen dari total penduduknya, dan menjadi populasi Muslim terbesar di benua Amerika.

Menurut pengakuan beberapa orang di sana, penyebaran Islam di dunia ini dipicu oleh rasa penasaran yang tinggi terhadap islam, terutama setelah tragedi World Trade Center (WTC) yang menghebohkan dunia, di kala itu 2 gedung tertinggi di dunia itu ditabrak oleh pesawat yang katanya ‘teroris’ hingga runtuh. Semenjak itu banyak yang mulai penasaran dengan apa sebenarnya yang Islam ajarkan kepada para penganutnya, tapi alhamdulillah ternyata hal ini malah menjadi jalan hidayah bagi banyak orang untuk lebih mengenal islam dan mengenal Allah.

Hal ini diakui oleh Imam besar Islamic Centre of New York, Shamsi Ali. Menurutnya, perkembangan Islam di AS semakin pesat setelah kejadian tersebut. Ali menyebut, kejadian 11 September 2001 merupakan momentum perkembangan Islam di Amerika.

“Kesalahpahaman terhadap Islam kan sudah lama. (11/9) Itu titik balik. Saya melihat justru itu titik baliknya, karena Islam di ekspose kan, dan Islam itu walau diekspos secara negatif kepada orang Amerika, ternyata dengan karakter ingin tahunya mereka, mereka mencari dan ketika mereka mencari mereka menemukan Islam yang sesungguhnya,” ujar Ali kepada merdeka.com.

Ali memaparkan, sebelum 11 September 2001, pemeluk Islam di AS adalah imigran dan pekerja biasa yang datang dari Indonesia atau negara-negara lain yang mayoritas penduduknya memeluk Islam. Setelah 11 September 2001, lanjut Ali, banyak kalangan intelektual serta profesional muda yang memutuskan untuk memeluk Islam.

“Artinya jumlahnya bertambah, kualitasnya juga semakin kokoh, semakin kuat,” ujar Ali.

Salah satu profesional muda yang pada akhirnya memutuskan untuk memeluk Islam adalah George Green. Green sebelumnya dikenal sebagai manajer tur artis-artis hip hop kenamaan dunia seperti Jay-Z dan Kanye West.

Selama lima tahun Green mempelajari Islam setelah mendengar suara azan saat bertandang ke Dubai bersama rapper ternama yang juga seorang muslim, Akon pada tahun 2006. “Tahun 2011 saya memutuskan untuk memeluk Islam,” ucap Green kepada merdeka.com, Minggu (29/3).

Kini, Green memilih jalan hidup sebagai motivator, penulis, dan sukarelawan di bidang kemanusiaan. Bukan hal yang aneh apabila menemui Green sedang membagi-bagikan makanan kepada para tunawisma di jalan-jalan di kota New York, AS atau di Melbourne, Australia lantaran Green berkomitmen menggarap proyek-proyek amal dan kemanusiaan secara global.

sumber : merdeka.com

One thought on “Jumlah Muslim Di Amerika Berkembang Pesat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s