Tips Bisnis : Sell it Before You Build It

Bismillah. Share dikit ttg teknis usaha ya..
——- Sell it Before Build it ——

Dalam memulai usaha, terkadang banyak kita temukan bbrp kendala, salahsatunya modal. Banyak yg mengeluh ttg modal untuk memulai usaha, sehingga bisnis ga jalan jalan. Tapi.. banyak juga yang gara gara modal bisnis langsung jatuh sejatuh jatuhnya.

Banyak orang yang bermain bisnis dg cara seperti ini: punya modal misalnya 3 juta, lalu beli barang yg utk dijual. Seiring berjalannya waktu, barang yg dibeli belum tentu laku atau perputarannya sangat lambat, jd modal 3 juta tak berputar, malah jd uang diam.
Nah yg modalnya lebih besar juga sama, punya modal 25 juta, langsung produksi barang tp setelah jd belum tentu barang laku di pasar, dan uang macet dan bisnis terancam.

Sell it before build it. Jual dulu, baru bangun bisnisnya. Jual dulu sedikit demi sedikit, dg modal secukupnya. Liat perkembangannya, liat respon pasarnya ( banyak peminat ato ga) klo banyak peminat, baru bisa dikembangkan lebih jauh.

Contoh: Dulu ada pengusaha yang merintis tuk jualan kerudung, awalnya beliau HANYA jual kerudungny saja, ambil dr berbagai distributor. Awalnya kecil kecilan sampe akhirnya penjualan makin lama makin meningkat.
Karena DIMULAI dari penjualan, pengusaha ini jd tau PRODUK MANA YG LAKU DAN YG TIDAK. Setelah tau produk yg diterima d pasar yg mana, lalu uang keuntungan disisihkan, baru coba untuk masuk ranah PRODUKSI kerudung biar omset semakn meningkat. Resiko produksi juga makin sedikit, soalnya HANYA PRODUKSI kerudung yg paling diterima pasar saja.
Singkat cerita konon katanya usaha kerudung itu di 2012 beromset 2 milyar perbulan dalam waktu beberapa tahun berjalan (klo ga salah 6 tahun)
karyawan puluhan, dan sekarang suda merintis 2 bisnis tambahan. Hari ini omset usahanya 4 milyar dari kerudung, tas wanita dan baju anak.
Ikhwan dan akhwatfillah. step pertama yg mereka lakukan adalah, sell it before build it. Jual dulu… baru klo laku bangun bisnisnya. Kalo ga laku? cari tahu dulu kenapa galaku, dan benahi hingga laku.

Bisnis darahnya itu uang, dan uang didapat dari penjualan / lakunya dagangan. Sell it, klo udah tau kunci utk SELL di produk yg kita bidangi, insyaallah kita bisa membesarkan bisnis kita.
Note : janga  lupa disiplin dalam pencatatan keuangannya.

Semoga bermanfaat.

Teknis Bisnis, diambil dr
IIBF : Indonesia Islamic Bisnis Forum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s