Cara Tidur Rasulullah Yang Bisa Kita Coba

cara tidur rasul

Siapa sih yang tidak suka untuk tidur? hehehe, setiap manusia pasti membutuhkan waktu untuk istirahat agar kehidupannya bisa seimbang. Kebayang kan kalo kita setiap hari kerjaaaa mulu, pasti badan lelah dan butuh istirahat. Tidur adalah salah satu metode istirahat terbaik yang bisa meregenerasi sel sel tubuh yang lelah menjadi baru kembali. Tidur, juga merupakan ibadah, jika kita memang melakukannya sesuai dengan apa yang Rasulullah saw lakukan. Pertanyaannya, kalau Rasulullah tidur memang seperti apa? dan apa manfaatnya?

Rasulullah saw bersabda ” Jika kalian ingin tidur di pembaringan, berwudhulah sebagaimana kamu hendak shalat, dan berbaringlah kamu dengan berbaring di lambung kananmu ” (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidur Menghadap Ke Kanan

Wah, subhanallah ya, sederhana sekali. Jika kita mau tidur, cobalah untuk menghadap ke sebelah kanan, ini yang biasa Rasulullah saw lakukan lho. Dan beberapa penelitian menunjukan, bahwa dengan tidur menghadap ke sebelah kanan memang merupakan posisi terbaik untuk tidur. Karena dengan posisi seperti itu, organ dalam kita terutama jantung hanya tertekan oleh paru paru kiri yang berukuran lebih kecil.

Jadi sangat mudah sekali, ketika hendak tidur, usahakan saja untuk menghadap kanan. Dan jangan lupa untuk meniatkan juga sebagai bentuk menghidupkan sunnah Nabi.

Tidur Menyamping ke Kiri

Dengan posisi seperti ini, ini juga kurang baik untuk tubuh kita terutama bagi mereka yg telah lanjut usia. Karena organ jantung terbebani oleh beratnya paru paru sebelah kanan. Dimana pada umumnya paru paru manusia sebelah kanan memang lebih besar.

Tidur Telentang

Dalam posisi terlentang, biasanya akan membuat kita bernafas melalui mulut dikarenakan rongga rahang bawah yang lebih mudah untuk terbuka. Kita sebaiknya bernafas melalui hidung (karena inilah organ utama pernafasan kita bukan mulut) sehingga kita lebih mudah terkena flu jika terlalu banyak bernafas melalui mulut.

Tidur Tengkurap

Posisi ini membuat kita sesak dan sulit untuk bernafas. Bagaimana tidak, posisi paru paru tertindih oleh seluruh organ yang ada di belakang tubuh. Tidur dengan posisi ini merupakan posisi paling buruk untuk kesehatan. Bahkan ketika Rasulullah saw melihat sahabatnya yang tidur tengkurap, beliau langsung membalikkan sahabat tersebut karena itu adalah posisi tidurnya setan.

Semoga bermanfaat yaa pecinta baca semuanya.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s