Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Muslim

Sebagai keluarga muslim ataupun ‘calon’ rumah tangga muslim, kita meski hafal bagaimana caranya mengelola keuangan dalam rumah tangga kita. Mengelola arus kas adalah penting bahkan yang membuktikan kelak kualitas kita sebagai muslim yang boros atau sebaliknya.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa mengelola keuangan dengan baik? ada baiknya kita melakukan hal berikut:
1. Catat segala sumber pemasukan yang masuk ke uang kas keluarga kita.
Mengetahui berapa total uang yang masuk serta darimana datangnya rezeki adalah hal penting yang pertama. Pastikan sumber yang masuk adalah dari yng halal. Dan segera cari tahu jika ternyata ada sumber pemasukan yang masih syubhat kehalalannya.
2. Coba untuk tentukan pengeluaran rutin yang biasa dikeluarkan setiap bulannya. Lalu kategorikan ke berbagai kondisi, seperti ‘kebutuhan’ atau ‘keinginan’. Pengeluaran yang termasuk kebutuhan adalah pengeluaran yang tidak bisa dihindari, andaipun bisa dihindari akan berpengaruh terhadap kehidupan kita. Misalnya makan,cek kesehatan, stok herbal dan lain sebagainya. Lalu coba perhatikan daftar keinginan kita. Apakah bisa kita redam hal hal yang sifatnya tidak terlalu penting? Apakah bisa kita alihkan dananya kepada hal yang lebih penting?
3. Menabung, cobalah untuk tabungan ini tabungan untuk 2 hal. Tabungan yang sifatnya investasi dan rencana ibadah. Tabungan investasi semacam membangun aset usaha, artinya ‘ kita membeli barang yang nantinya bisa menghasilkan uang lagi’ nah cobalah untuk mengalirkan dana terhadap bidang ini. Lalu selanjutnya, tabungan untuk rencana ibadah, siapkan untuk qurban, zakat mal dan haji. Rencanakan dan disiplin terhadap rencana, insyaallah akan membantu anda menunaikan ibadah dengan lancar.
4. Sedekah, ingatlah disetiap harta yang kita miliki, terdapat harta orang lain yang mebutuhkan. Biasakanlah untuk infaq sesedikit apapun itu. Terbiasa berinfaq akan membersihkan harta dan hati kita.
Semiga bermanfaat πŸ˜€

Iklan

3 thoughts on “Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Muslim

    1. Caranya dipaksakan mas hehe.. setiap kita ada pengeluaran coba untuk tulis meskipun itu hanya 100 rupiah, jika mungkin sedetil detilnya. Lalu cocokan dg uang yang anda pegang. Memang yg paling sulit dr hal ini adalah konsistensi, tp lama kelamaan pasti lebih mudah πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s