Makanan Yang Halal Menentukan Ibadahmu

Makanan yang halal menentukan ibadahmu – Sungguh kita harus memperhatilan darimana asal harta yang kita dapatkan. Menyepelekan asal harta tanpa berpikir panjang halal atau haram bisa mengakibatkan kita masuk ke dalam neraka. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan ridha dari Allah sedangkan makanan makanan yg masuk kedalam perut kita itu haram?
Yusuf bin Asbath berkata ” Bila seorang pemuda tekun beribadah iblis berkata ‘ Lihatlah darimana asal makanannya? jika makanan yang dimakannya buruk maka biarkanlah dirinya jangan menyibukkn diri dengannya. Biarkanlah ia berpayah payah dan bercapek capek (untuk khusyuk). Nasibnya sudah sudah cukup bagi kalian.”
Begitulah, tidak halalnya makanan menyulitkan kita untuk diterima amalan amalan ibadahnya. Para sahabatpun dulu banyak yg perhatiannya terhadap makanan begitu besar. Abu Bakar sempat memuntahkan kembali makanannya dengan susah payah karena dia ketahui sumbernya yg syubhat. Begitu juga ayahnya imam Syafi’i yang repot repot mencari pemilik buah apel yang hanyut terbawa aliran sungai yang akhirnya dia makan. Halal tidaknya makanan sangat diperhatikan mereka.
Yuk kita perhatikan, segala harta yang kita dapatkan itu halal atau tidak? berkah atau tidak? Karena nanti di akhirat kelak akan ditanya “hartamu darimana didapatnya dan kau gunakan untuk apa?”
Wallahu’alam

2 thoughts on “Makanan Yang Halal Menentukan Ibadahmu”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s