Tidak Terpecah Oleh Perbedaan Dalam Islam

Saat seorang pemuda pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat shubuh, dia dengan khusyu mengerjakannya sambil berjamaah. Untuk mendapatkan keutamaan sholat untuk pria dengan berjamaah yang lebih baik 27 derajat dibandingkan sholat sendirian.
Tak disangka setelah sholat shubuh selesai dilaksanakan ada bapa jamaah sholatnya juga yang menegurnya, ‘kenapa kamu sholatnya ga pake qunut?’ yup, pemuda ini terbiasa tidak menggunakan qunut dalam sholat shubuhnya sehingga saat jamaah lain mengangkat tangan mereka memanjatkan doa qunut, pemuda ini tetap meluruskan tangannya.
Wahai saudara saudariku, perlu kita pahami perbedaan dalam islam adalah sebuah keniscayaan. Akan tetapi sikap toleransi dan budaya mencari ilmu yang harus.ditingkatkan.sehingga mengurangi peluang terjadi perdebatan dan perpecahan antar mazhab tertentu.
Ada perbedaan yang diperbolehkan jika hal itu bersifat cabang, namun pokok agama tidak boleh berbeda.
Sebagai contoh penggunaan qunut dalam sholat shubuh memiliki beberapa contoh dari.Rasulullah saw, (mohon maaf karena.keterbatasan kami dalil tidak kami sertakan) Rasulullah mencontohkan untuk menggunakan qunut dan itu shahih, begitupula tanpa qunut dicontohkan dan itu shahih. Jadi qunut jika mengacu pada banyak keterangan shahih adalah menggunakan qunut dan tidak menggunakan qunut bisa dilakukan saat shalat shubuh. Jadi kita tak seharusnya menghabiskan banyak energi berdebat dalam hal ini.
Sedangkan untuk permasalahan yang bersifat aqidah ini justru yang tidak bisa diganggu gugat. Misalnya adanya nabi setelah nabi muhammad, ini jelas telah menyalahi aqidah sebagai orang muslim. Atau sholat dzuhur 2 rakaat. ini jelas menentang apa yamg sudah Allab perintahkan kepada kita.
Hal ini cukup memprihatinkan di masyarakat kita, mereka yang selalu saling membenci dikarenakan perbedaan cara, ini justru yang mengkeruhkan suhu masyarakat. Akan tetapi saat ada faham seperti syiah ataupun ahnadiyah ataupun liberal yang mereka mengatasnamakan islam justru banyak pihak yang toleransi. Padahal inilah yang merusak aqidah umat.
Maka pentinglah adanya bagi kita semua untuk memperbamyak ilmu ilmu agama, karena mereka yang faham itu mendapatkan kebaikan dari Allah.

2 thoughts on “Tidak Terpecah Oleh Perbedaan Dalam Islam

  1. Yang membaca Qunut adalah mendokan orang-orang sesama muslim di kampungnya, di Indonesia, di bumi. Yang tidak membaca Qunut adalah orang-orang yang membangunkan tetangga dan mengajaknya untuk sholat subuh berjamaah. Sungguh indahnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s