Perihal Ziarah Kubur (bagian 1)

Ziarah kubur berarti datang mengunjungi seseoramg yang telah dikuburkan atau dimakamkan, dengan tujuan mendoakan sang mayit atau ahli kubur. Tujuannya untuk memberikan manfaat kepada mayit serta mengingatkan kita kepada kematian.
Rasulullah saw bersabda,
Dari Buraidah, Rasulullah saw bersabda ‘Dahulu saya telah kamu melarang ziarah kubur, srkarang Muhammad telah mendapatkan izin untuk ziarah kubur ibunya, maka ziarah kuburlah kamu, karena sesungguhnya ziarah kubur itu mengingatkan akhirat” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Tirmidzi)
Dilarangnya ziarahnya kubur di awal kerasulan Muhammad saw adalah untuk menjaga akidah kaum muslimin yang baru masuk islam agar tidak kembali terjerumus ke dalam kemusyrikan dengan mendewakan dan meminta-minta kepada ahli kubur itu. Akan tetapi setelah akidah muslim sudah kuat dan tidak dikhawatirkan tercampuri oleh unsur syirik, maka beliau memperbolehkan untuk ziarah kubur bagi kaum muslimin.
Rasulullah menganjurkan ziarah kubur untuk sebagai pelajaran dan mauidah bagi orang yang berziarah untuk mengingat mati dan alam akhirat.
Rasulullah pernah berziarah ke makam ibunya. Rasulullah kuga pernah berziarah kubur krpada para syuhada Uhud dan mengucapkan salam pada mereka. Menurut riwayat Zuhair beliau mengucapkan salam sebagai berikut:
salam kepada kalian wahai penduduk kampung (ahli kubur) dari orang orang mukmin dan muslim, sesungguhnya kami semua akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allh ‘afiah (kesejahteraan) untuk kami dan juga untuk kalian” (HR. Muslim)
Semoga bermanfaat saudara saudara🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s