Janin Pun Bisa Sakit

janin bayi saat kehamilan

Janin Pun Bisa Sakit – Meski masih dalam kandungan ibu, janin dapat terancam berbagai infeksi. Selain mengganggu pertumbuhannya, infeksi juga bisa mengancam kehidupan sang Janin.

Menurut Dr Huda Hilman SpA, dokter spesialis anak dengan sub spesialisasi infeksi, infeksi pada janin dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit atau jamur. Infeksi yang dapat menyebabkan janin sakit ini sering terjadi pada saluran urogenital (saluran kencing dan kelamin) sang ibu. Berikut beberapa penyakit yang sering menyerang janin.

Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah infeksi yang diakibatkan oleh sejenis parasit Toksoplasma Gondii yang biasanya ditemukan pada hewan terutama kucing dan burung. Manusia bisa terinfeksi dengan 3 cara yaitu: 1. Akibat memakan daging setengah matang atau buah-buahan dan sayuran yang sudah tercemar oleh tinja kucing yang mengandung oosit (telur) parasit tersebut. 2. Melalui penularan yang terjadi lewat transfuse darah. 3. Melalui transplantasi organ.

Untuk mencegah terinfeksi penyakit ini, terutama ketika hamil, sebaiknya jangan pernah membersihkan kotoran kucing atau hewan peliharaan lainnya tanpa menggunakan sarung tangan. Bila perlu, mintalah bantuan orang lain. Jika Anda penggemar daging sate atau steak, masaklah hingga matang. Cucilah buah dan sayur mentah (lalapan) dengan air yang mengalir hingga bersih.

 

Infeksi Virus Rubella

Virus rubella menular dari manusia ke manusia. Virus ini biasanya ada di saluran pernafasan. Pada wanita yang tidak hamil, virus ini tidak terlalu berbahaya. Namun, pada wanita hamil, akan mengakibatkan berbagai macam gangguan yang cukup berat pada janin yang ada dalam kandungan seperti tuli, katarak, berat bayi tidak norml, keterbelakangan mental, radang selaput otak, bahkan bisa menyebabkan abortus (keguguran) spontan.

Infeksi ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah pada kulit, pembesaran kelenjar getah bening dan nyeri pada persendian.

Pencegahan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bagi yang belum hamil bisa melakukan vaksin rubella dan tes darah 3 bulan sebelum perencanaan kehamilan. Namun jika saat hamil sang ibu bersentuhan dengan seseorang (biasanya anak kecil) yang mempunyai tanda-tanda sedang terkena flu, perlu dilakukan tes kembali. Di beberapa Negara, ibu hamil yang terinfeksi virus rubella biasanya diberi 2 pilihan, pengguguran kehamilan atau meneruskan dengan risiko yang dibawanya.

 

Herpes Simplek Virus

Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual dan biasanya ditandai dengan bintil-bintil kecil berisi cairan kemerahan dan sakit pada alat kelamin. Bila wanita hamil terinfeksi, sangat jarang bayi yang sedang dalam rahim dapat tertular. Tapi tak tertutup kemungkinan infeksi tertular pada bayi karena gesekan dengan alat kelamin ibu saat melahirkan. Dalam kasus ini operasi Caesar dapat menjadi pilihan.

Jika bayi terinfeksi, system sarafnya bisa rusak atau cacat. Ada juga bayi yang menjadi buta karena kornea matanya terinfeksi HSV pada saat proses kelahirannya melewati janin ibu.

 

Pencegahan untuk kesemua penyakit di atas adalah dengan menjaga diri. Meski banyak yang berkata “ah jaman dulu saja orang hamil pada sehat” sebaiknya tidak dijadikan tolak ukur. Sebab kondisi lingkungan jaman dulu dan sekarang sudah berbeda. Virus dan bakteri berkembang biak semakin banyak dengan adanya perubahan di lingkungan juga pencemaran bahan kimia.

Semoga kita senantiasa mau menjaga kesehatan. Aamiin

 

Referensi : Majalah Ummi

2 thoughts on “Janin Pun Bisa Sakit”

  1. terima kasih postingannya.. kebetulan saya sedang hamil 5 bulan.. sempat merasa khawatir juga dengan banyaknya kasus kehamilan yang trkena virus2 tersebut..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s