Berkaca Rizki Dari Sang Cicak

cicak di dinding dalam genggaman tangan

Mahluk merayap satu ini barangkali akrab dalam penglihatan kita. Tubuhnya sering nampak di dinding. Ia tidak begitu istimewa selain memiliki kemampuan layaknya spiderman, bisa berjalan terbalik di atap. Sungguh kita telah mengenal cicak sejak kecil, ketika lagu “cicak-cicak di dinding” menjadi soundtrack masa bermain kita. Mari kita bernyanyi kembali..

Cicak-cicak di dinding

Diam-diam merayap

Datang seekor nyamuk

Hap..lalu ditangkap..

                Setelah kita bernostalgia dengan lagu tadi, mari sejenak merenung atas takdir hidup yang Allah pilihkan untuk sang cicak. Makhluk ini mendapat takdir yang unik, ia tak bisa terbang..tapi makanannya adalah nyamuk, makhluk kecil yang lincah sekali terbangnya. Adakah kita lihat ketidakadilan disini? Selintas mungkin “Ya”. Mungkin jika kita menjadi cicak, kita akan mengatur beragam strategi bagaimana caranya mendapatkan nyamuk itu. Mungkin dengan mendekat pada manusia atau hewan yang menjadi sumber makanan bagi nyamuk, atau mendekat pada kubangan air tempat nyamuk bertelur. Adakah demikian???

Karena Allah Maha Adil, Maha Sempurna dan Maha menggenggam segala kejadian.. tak ada kisah cicak dekat-dekat dengan manusia atau kubangan air.. itu karena Allah yang mengatur segalanya. Mudah bagiNya memerintahkan nyamuk mendekat pada cicak, meski mungkin nyamuk tak punya keperluan. Nyamuk hanya menjadi hamba yang Taat, “Samii’na wa Atto’na” (Kami dengar dan kami taat). Cicak hanya berjalan kesana kemari, menyusuri tiap jengkal sudut tembok dan atap, lalu biarkan Allah yang menghadirkan nyamuk itu.. layaknya dalam lagu yang kita nyanyikan

datang seekor nyamuk, hap lalu ditangkap..”

Belajar dari kisah hidup cicak, ada hikmah besar yang bisa kita ambil.. tugas kita bukanlah menyelesaikan masalah-masalah dalam hidup kita, namun lebih pada sikap taat yang akan mendatangkan pertolongan Allah. Seperti halnya rizki, ikhtiar dan ketaatan yang akan membuat rizki mendekati kita, lebih cepat dari ajal menjemput kita.

Wallahua’lam bi shawab.

Referensi : Buku “Lapis-Lapis Keberkahan” (Salim A Fillah) mau pesan buku lapis lapis keberkahan bisa cek pesan buku lapis lapis keberkahan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s