Membiasakan Diri Menjaga Lisan

Membiasakan Diri Menjaga Lisan  – Tidak bisa kita pungkiri, Allah memberikan satu amanah kepada kita semua yaitu 1 mulut untuk kita berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain. Hanya saja, Rasulullah saw memberikan pesan terhadap kita untuk berhati hati dan sangat menjaga lisan yang kita miliki. Secara umum, kita bisa merenungkan pesan Rasulullah saw ini dengan keseharian hidup kita. Mari kita bahas lebih lanjut.

Seseorang itu bisa dilihat dari bagaimana dia menjaga lisannya. Saat bertemu dengan orang baru, ataupun dengan kawan lama. Bagaimana perbincangannya ketika berbicara dengan orang tua ataupun yang masih belia. Bagaimana pendapatnya serta tanggapannya atas segala situasi terkini. Menjaga lisan, bukan berarti kita harus menjadi seorang yang sangat pendiam. Tapi yang mesti kita latih adalah ‘ kita berbicara ketika memang itu perlu untuk dibicarakan‘. Ingat, setiap ucapan yang muncul dari mulut kita akan kita pertanggungjawabkan di hadapan Allah kelak.

Hati hati dalam memberikan pendapat, dalam bercanda (apalagi saat bercanda seringkali peluang untuk berbohong sangat besar). Jagalah lisan, jagalah lisan, jagalah lisan. Buat apa kita ini ahli dalam mengumbar kata kata, padahal gara gara ucapan yang keluar itulah kita menjadi hina. Hina dihadapan Allah-lah yang paling merugikan. Dan semua hal ini yang mesti kita hindari.

Bismillah. Mari kita coba tuk menjaga lisan kita 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s