Syarah ushul usyrin hasan al banna bagian keempat

Ini 5 poin terakhir dari syarah ushul isyrin. Semoga dengan dibagi menjadi 4 artikel ini membuat anda lebih mudah menemukan yang anda cari.

16. Tradisi yang salah tidak dapat mengubah hakikat arti lafal lafal dalam syariat. Kita harus mengkaji lafal lafal syariat sesuai makna yang dikandungnya dan mencukupkan diri dengannya, sebagaimana kita juga wajib berhati hati terhadap berbagai istilah yang menipu dalam pembahasan masalah masalah dunia dan agama. Ibrah (yang dijadikan patokan) itu ada pada esensi di balik suatu nama, bukan pada nama itu sendiri.

17. Akidah adalah asas bagi aktivitas. Amal hati lebih penting daripada amal anggota badan. Namun, upaya mencapai kesempurnaan pada kedua hal tersebut merupakan tuntutan syariat, meskipun kadar tuntutan masing masing berbeda.

18. Islam membebaskan akal, menganjurkan untuk melakukan penelitian pada alam, mengangkat derajat ilmu dan para ulama, serta menyambut kehadiran segala yang baik dan bermanfaat. Hikmah adalah barang hilang milik orang beriman. Di mana pun didapatkan, ia adalah orang yang paling berhak atasnya.

19. Pandangan syar’i dan pandangan logika memiliki wilayah masing masing yang tidak dapat saling memasuki secara sempurna. Namun demikian keduanya tidak akan pernah berbeda dalam hal hal qath’i (absolut). Hakikat ilmiah yang benar tidak mungkin bertentangan dengan kaidah syariat yang shahih. Sesuatu yang masih bersifat zhanni(interpretasi), harus ditafsirkan agar sejalan dengan qath’i. Bila kedua duanya bersifat zhanni, maka padangan syariat lebih utama untuk diikuti, sampai logika mendapatkan legalitas kebenarannya atau gugur sama sekali.

20. Kita tidak mengkafirkan seorang muslim yang telah mengikrarkan dua kalimah syahadat, mengamalkan tuntutan tuntutannya dan melaksanakan kewajiban kewajibannya, baik karena pendapatannya maupun kemaksiatannya, kecuali jika ia mengatakan kata kata kufur atau mengingkari sesuatu yang telah diakui sebagai asas dari agama, atau mendustakan ayat ayat al quran yang sudah jelas maknanya, atau menafsirkannya dengan cara yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa arab, atau melakukan suatu perbuatan yang tidak mungkin diinterpretasikan kecuali dengan kekufuran.

Semoga bermanfaat 20 prinsip hasan al banna ini.

Artikel lengkapnya bagian 1 2 3 4

Iklan

2 thoughts on “Syarah ushul usyrin hasan al banna bagian keempat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s