Syarah ushul isyrin Hasan Al banna

buku syarah risalah taalimBerikut akan kami coba tunjukkan kepada anda Ushul Isyrin (20 Prinsip) yang disampaikan oleh Ust Hasan Al Banna. 20 prinsip ini merupakan hasil dari telaah serta pemilihan secara cermat apa apa saja prinsip yang mesti setiap muslim pegang sehingga kita bisa terus bersatu dan tidak mudah terpecah belah dalam perbedaan pendapat.

Prinsip ini bisa juga anda peroleh dari beberapa rujukan seperti buku syarah risalah taalim dan buku menyelami ushul isyrin 20 prinsip hasan al banna. Prinsip prinsip tersebut adalah :

1. Islam adalah sistem yang menyeluruh, mencakup seluruh aspek kehidupan. Karena itu, islam adalah negara dan tanah air atau pemerintahan dan umat, moral dan kekuatan atau kasih sayang dan keadilan, wawasan dan undang undang atau ilmu pengetahuan dan peradilan, materi dan kekayaan alam atau penghasilan dan kekayaan, serta jihad dan dakwah atau pasukan dan pemikiran. Sebagaimana juga islam adalah akidah yang murni dan ibadah yang benar, tidak kurang tidak lebih.

2. Al quran al karim dan sunah yang suci adalah rujukan setiap muslim dalam mengenali hukum hukum islam. Al quran harus dipahami sesuai dengan kaidah kaidah bahasa arab, tanpa takalluf (memaknai suatu ayat hingga melampau arti yang sewajarnya) dan ta’assuf (serampangan). Sedangkan as sunah yang suci harus dipahami melalui para ahli hadits yang terpercaya.

3. Keimanan yang murni, ibadah yang benar dan mujahadah (bersungguh sungguh dalam beribadah) adalah cahaya dan kelezatan yang Allah curahkan pada hati hamba hambaNya yang Dia kehendaki. Sementara ilham, lintasan pikiran , penemuan penemuan gaib, dan mimpi, itu semua bukan termasuk sumber hukum syariat islam. Semua itu tidak perlu diperhatikan kecuali bila tidak bertentangan dengan hukum hukum agama dan teks teksnya.

4. Jimat, jampi, wada’ (sejenis keong yang dikalungkan di leher anak sebagai jimat), ramal (meramal nasib dengan membuat garis di pasir), perdukunan, mengaku tahu akan hal hal gaib, dan semisalnya adalah kemungkaran yang wajib diberantas. Kecuali jimat yang berasal dari ayat ayat Al quran atau jampi yang diriwayatkan dari Rasulullah saw.

5. Pendapat Imam (pimpinan) dan wakilnya tentang hal hal yang tidak ada teks hukumnya, hal hal yang mengandung beragam interpretasi, dan hal hal yang membawa kemaslahatan umum ( al maslahah al mursalah), harus diamalkan sepanjang tidak bertentangan dengan kaidah kaidah syariat. Pendapat tersebut mungkin akan berubah sejalan dengan situasi, adat, atau tradisi.

Pada dasarnya, ibadah adalah kepatuhan total, tanpa mempertimbangkan makna maknanya. Sedangkan adat istiadat (urusan selain ibadah ritual) harus mempertimbangkan berbagai rahasia, hikmah dan tujuannya.

Artikel terkait selanjutnya 1 2 3 4

3 thoughts on “Syarah ushul isyrin Hasan Al banna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s