Menghafal al quran itu sulit

suasana di dalam angkotMenghafal al quran 30 juz itu sulit. Ga mungkin deh, apalagi saya kan banyak kegiatan, ga ada waktu buat menghafal al quran. Bisa jadi kita sering mendengar satu alasan seperti ini ketika ada obrolan yang temanya adalah menghafal al quran. Sulit, susah, ga ada waktu. Hmm… Benarkah seperti itu?

Beberapa waktu yang lalu, ada teman yang bercerita kalo di Jakarta sana ada  pria usia 60 tahun, hampir setiap harinya beliau terbiasa untuk menambah hafalan 1 ayat al quran. Lalu caranya gimana? sebelum subuh atau waktu waktu subuh mencoba untuk menghafalnya, lalu dari pagi sampai maghrib pria ini mengulang ulang ayat yang tadi di hafal sebagai dzikirnya. Jika sudah kuat dia coba ulangi ayat itu dengan ayat yang kemarin dihafalnya.

Jika hari ini menghafal al qari’ah, jadi beliau dari pagi sampai maghrib mengulang ulang ayat…. ” al qaari’ah… al qaari’ah… al qaari’ah… ” trus di ulang ulang hingga lancar dan terbiasa. Dimanapun, di angkot, di jalan, di kendaraan, ketika berjalan kaki keluar rumah, ketika nyapu membersihkan rumah, kapanpun dimanapun ayat itu saja yang diulang ulang.

Hmm… Jika seperti itu metodenya, apakah kita masih bisa bilang kalo menghafal al quran itu sulit?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s