Menghadapi siswa / anak aktif

image

Seringkali setiap guru atau mungkin orang tua kebingungan dengan tingkah laku anak dengan jenis ini. Mereka banyak bergerak dan melakukan ini dan itu. Yaa mungkin wajar aja sih bingung, tapi sebenernya seperti apa sikap kita menghadapi anak hiperaktif seperti ini?


Yang pertama kali mesti kita lakukan adalah mensyukuri atas hadirnya anak ini. Semua anak adalah karunia dari Allah, sudah sepantasnya kita bersyukur maka nanti Allah akan tambah lagi karunia kepada kita.

Lalu selanjutnya, kita mesti mengetahui sifat mereka lebih lanjut. Untuk anak seperti ini, biasanya sulit untuk konsentrasi dan mereka punya keinginan untuk bergerak bergerak dan terus bergerak. Dari hal dampaknya banyak, mulai dari :
– sulit mengikuti pelajaran di sekolah
– sulit menaati perintah baik guru/orang tua / siapapin yang meminta
– senang bermain atau lebih tepatnya bergerak.

Nah lalu bagaimana cara memperlakukan mereka, pada dasarnya setiap anak itu senang diperhatikanm buat mereka perhatian adalah yang terpenting. Jika mereka mengganggu orang lain di kelasnya semata mata karena dia ingin mendapatkan perhatian. Maka coba untuk libatkan dia dalam banyak kegiatan serta arahkan potensi bergeraknya untuk banyak hal yang positif.

Semakin terwadahi geraknya akan semakin baik, semakin dia berada dalam situasi yang membuat dirinya diam tak berpikir tak ada kegiatan justru akan membuat anak ini melampiaskan geraknya pada hal yang diluar perkiraan kita.

Jadi….. coba untuk mengkombinasikan tarian nyanyian gerakan sertq aktivitas fisik yang bisa menyalurkan tenaganya.

Wallahu’alam, semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s