Kepercayaan Naik Kecepatan Naik

Sejenak kita akan bahas materi sederhana yang menurut saya ini penting juga. Ini bisa diterapkan di bisnis bahkan kehidupan kita sehari hari. Rumusnya saat kepercayaan naik maka kecepatan naik.

Maksudnya?

Kita bahas dalam segi bisnis saja dulu ya, misalnya buat mereka yang menjual produk, ketika produk mereka mendapatkan kepercayaan yang besar dari masyarakat kira kira banyak yang beli ga produknya? InsyaAllah banyak! Kenapa? karena mereka sudah percaya dengan produk itu.

“Eh kalo mau beli martabak mesen aja ke pa Kumis, enak banget.” Kita sering banget kan denger hal recommended semacam ini, alasan paling kuatnya ya kita percaya, karena kita percaya, jadi kita tak sungkan untuk membeli, untuk mencoba, untuk makan makanan itu, untuk menggunakan produk itu, bahkan untuk mengajak orang lain untuk menggunakannya. Intinya apa? Percaya.

Maka wajar jika rumusnya kepercayaan naik kecepatan naik, saat kepercayaan kita tinggi, maka kecepatan kita untuk memutuskan akan lebih cepat. Coba anda renungkan seperti itu tidak?

Lalu bagaimana ketika kepercayaan turun

Maka yang terjadi adalah kecepatan menurun. Contohnya, ketika ada seseorang berjualan baso, tapi ada isu basonya ini menggunakan daging makhluk selain sapi hehe (ga tega nulisnya). Dan isu ini sudah lumayan menyebar ke konsumen.

Maka hasilnya, konsumen yang mau beli pasti akan muncul pertimbangan pertimbangan, kan ini baso xxxxxxx, kan ini tuh yang kata orang baso itu ya, baso ini baik atau ga, baso ini halal atau ga,

Pertimbangan pertimbangan muncul, dan ini memperlambat keputusan untuk memilih bahkan langsung menyimpulkan untuk tidak memilih.

Lalu apa lagi dampaknya?

Jika kepercayaan turun dan kecepatan menurun, maka selanjutnya biaya akan bertambah. Benar kan? untuk membuat seseorang kembali percaya kepada kita tidak lain dan tidak bukan akan ada lagi biaya yang mesti kita keluarkan. Biaya disini bisa berupa uang, waktu, serta perhatian yang lebih buat konsumen atau orang lain yang tingkat trustnya turun.

Tukang baso tadi biar konsumen kembali percaya, mungkin harus mau mengeluarkan ‘biaya’ untuk membuktikan bahwa baso ini memang halal, aman dan enak. Pokoknya tidak sesuai dengan isu yang beredar tadi. Mungkin biaya seperti testimoni, uji klinik, serta uji kehalalan itu butuh biaya, minimal biaya waktu dan uang.

Jadi itu dalam hal bisnis, tapi ini juga berlaku dalam hal hubungan, komunikasi, mengajar antara guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, dunia politik (apalagi sekarang musim kampanye).

Semoga bermanfaat.

Iklan

2 thoughts on “Kepercayaan Naik Kecepatan Naik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s