Mengelola keuangan ala orang cina

barongsai naga cinaDi beberapa media, banyak banget berita tentang tahun baru cina. Hmm… jadi pengen nulis sedikit dengan salah satu ‘kaum’ ini, bahkan orang cina ini disebut juga oleh Rasulullah saw dalam nasihatnya yang sangat masyhur. Carilah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina.

Sekilas waktu muter muter pake motor kesayangan di sekitar bandung. Cukup banyak juga ditemukan symbol symbol cina, mungkin lebih tepatnya tidak sulit untuk menemukannya. Dan kebanyakan dari orang cina ini rata rata pedagang.

Dulu waktu saya masih TK, suka bareng dengan orang tua nemenin kerjaan ibu sebagai perawat. Nah, saya kenal dengan beberapa temen ibu saya ini, dan salah satunya yang bisa dibilang keturunan cina. Luarbiasa, satu hal yang saya inget dari waktu itu sampe sekarang, waktu temennya ibu ini ngasih tips sederhana untuk mengelola keuangan.

Orang cina ini punya prinsip sebelum kaya yaa harus berhemat, istilahnya makan bubur terus juga ya makan bubur aja, makan nasi ga terlalu sering. Temen ibu saya ini, terbiasa setiap kali gajian selalu membawa 10 amplop, dan uang gajiannya itu di pisah pisah dan disimpan di masing masing amplop sesuai dengan kebutuhannya.

Amplop untuk listrik dan air, amplop untuk tabungan, amplop untuk dana cadangan/darurat, amplop untuk uang sekolah, uang jajan anak anak, uang untuk rekreasi 3 bulan lagi, uang untuk makan harian, (wah saya lupa lagi apa ya dulu?) kurang lebih dibagi bagi seperti itu. Dan luar biasa disiplinnya. Oh ia, ada juga amplop tentang investasi, temen ibu saya ini juga punya usaha yang modalnya dari tabungannya ini juga.

Etnis cina ini menyebar ke seluruh penjuru bumi, mungkin memang tepat jika Rasulullah saw menasehati kita untuk belajar kepada orang cina. Banyak pelajaran serta disiplin yang bisa kita ambil dari mereka. Dalam tulisan ini mungkin baru saya bahas dari sisi mengelola keuangan.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

