Tak peduli harta haram atau halal

hadits bukhari muslim an nasaiHadits An Nasai no.4378

Rasulullah saw bersabda “Akan datang kepada manusia suatu zaman dimana seseorang tidak peduli darimana ia mendapatkan harta, dari yang halal atau yang haram”

Kita berjumpa lagi dalam pembahasan hadits, ini bukan berarti kami memahami ilmu agama lebih banyak, hanya mencoba untuk menyampaikan apa yang kami tahu. Bukankah ada pesan dari Rasulullah ‘sampaikanlah dari yang tahu kepada yang tidak tahu, karena bisa jadi yang tidak tahu itu lebih memahami maknanya daripada yang tahu’.

Teman teman semua, hadits di atas kalo kita liat secara sekilas pasti akan kita fahami bahwa Rasulullah saw sudah memprediksi jauh jauh hari setelah zaman beliau dimana seseorang tidak peduli darimana ia mendapatkan harta. Mereka mencari pekerjaan dan penghasilan padahal mereka juga tidak tahu apakah harta ini halal atau justru haram.

Hmmm….. Jika kita kembalikan kepada hari ini, akan kita sadari ternyata disekeliling kita itu begitu banyak mereka yang kerja keras dan lelah mencari nafkah untuk dirinya dan keluarganya, tapi mereka juga tidak begitu tahu apakah itu halal ataukah haram.

Mari kita semua mulai kembali berhati hati, jika masih meragukan akan penghasilan yang sedang kita jalani saat ini. Coba untuk cari tahu lebih lanjut, dan tinggalkan jika ternyata itu haram.

Iklan

2 thoughts on “Tak peduli harta haram atau halal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s