Belajar merencanakan keuangan bareng Candra Mulyana

candra mulyanaButuh sekian lama untuk mempraktekkan setelah mengikuti satu workshop bersama sahabat saya kang Candra Mulyana , tapi hasilnya berharga bangeet! ‘emang ngebahas apa workshopnya’ Belajar merencanakan keuangan, ini mungkin ilmu baru yang sempet saya dapetin bulan bulan ini.

Ini penting banget sodara sodara, bayangin aja, hampir 9 tahun kita wajib belajar, tambah mungkin 4 tahunan buat yg kuliah, jadi sekitar 13 tahun kita belajar untuk ‘bertahan hidup’ atau lebih kasarnya lagi ‘nyari penghasilan’. Tapi justru, selama 13 tahun itu juga, kita sangat minim banget kan belajar cara ‘menciptakan uang dan mengelola keuangan’. Nah inilah pentingnya, karena banyak orang punya penghasilan besar, karena ga bisa ngelola uangnya dia ga pernah ngerasa cukup biaya hidupnya.

Terus belajar apa?

Satu yang paling penting diantara semuanya yaitu, menabung. Sederhana tapi hasilnya luar biasa, hayooo yang ga biasa nabung, biasakan. Sisihkan 10% dari penghasilan kalo mau pake mazhab temen temen di IIBF. Sisihkan dan jangan pernah ganggu gugat, tahan diri untuk ngambil sebelum waktunya, dan disiplin nabung sampe jumlah uangnya cukup.

Terus apa? Kejelian kita tentang investasi… Hmmm…. butuh penjelasan panjang lebar, tapi bisa juga langsung kontak kang Candra Mulyana untuk lebih jauh hehe. Beliau bisa dihubungi via twitter ko.

Sederhananya seperti ini, ketika kita bisa mengatur keuangan, kita bisa lebih bijak menjaga keuangan kita. Momen momen seperti lahiran anak, anak sekolah, membiayai naik haji orang tua dan momen lainnya itu butuh dana yang tidak sedikit. Merencanakannya dari sekarang, bisa membuat kita lebih mudah ke depannya.

Contoh, Untuk lahiran anggaplah kita harus siap sedia uang 2 jutaan (misalnya) Anggap kita merencanakannya ketika istri kita sudah positif hamil, jadi ada jangka waktu sekitar 9 bulan dari saat itu untuk mengalokasikan penghasilan, di tabung sebagian ke biaya lahiran. 2 jutaan dibagi 9?? Pastinya akan lebih ringan daripada ketika lahiran tiba dan kita tanpa persiapan. Betul tidak?

Itulah mengapa mengelola keuangan ini penting juga.

 

 

2 thoughts on “Belajar merencanakan keuangan bareng Candra Mulyana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s