Bagaimana cara kita mengenal jati diri

Dalam sebuah ungkapan peperangan, kenali dirimu dan kenali musuhmu maka peluang menang akan lebih besar. Bisa kita lihat dan sadari mengenali diri adalah satu modal besar untuk memenangi peperangan. Sedangkan menurut Rasulullah saw, perang terbesar manusia adalah melawan hawa nafsunya. Mari kita sedikit review, tuk mengenal jati diri kita.

Bagaimana caranya?

Alangkah lebih baik jika kita terlebih dahulu, memiliki waktu yang cukup untuk merenung dan terlepas dari segala aktivitas rutinitas kita. Lalu coba tanyakan secara jujur kepada diri kita:

Siapakah saya sebenernya? dan buat apa saya hidup di dunia ini?

Apa yang harus aku lakukan agar bisa diridhai dan dicintai Allah?

Apa sebenarnya yang paling penting buat hidupku di dunia ini? yang jika hal ini belum kucapai, maka aku akan menyesal selama lamanya

Apa yang ingin saya berikan untuk ibu dan ayah saya di dunia ini?

Apa yang ingin saya berikan untuk adik – kakak – saudara saya di dunia ini?

Apa yang ingin saya berikan untuk istri tercinta dan anak anaku di dunia ini?

Apa yang ingin saya berikan untuk orang orang disekeliling saya selama saya hidup? tetangga, teman kantor, teman kuliah, sahabat, apa yang ingin diberikan kepada mereka?

Hal apa yang bisa saya berikan kepada bangsa dan masyarakat?

Hal apa yang bisa saya berikan kepada agama saya?

Terus tanyakan pertanyaan pertanyaan semacam ini dan jawab secara jujur, jika perlu tuliskan dalam buku yang bisa kita lihat dengan mudah. Jadikan pengingat diri kita ketika kita malas ataupun turun semangatnya.

Cara pertanyaan pertanyaan yang berkualitas yang harus anda jawab! Jawaban yang berkualitas itu berasal dari pertanyaan yang berkualitas.

Setelah anda berpuas puas dengan mengenal jati diri anda. Sekarang coba tanyakan, Bagaimana caranya agar saya bisa seperti itu?

Maka nanti anda akan mendata dan menuliskan cara cara apa saja yang mesti anda lewati agar tercapai apa yang kita inginkan sebelumnya.

Lalu coba tanyakan, Hal apa yang bisa menjauhkan saya dari yang saya inginkan tadi?

Maka nanti anda juga akan mendata, hal hal apa yang mesti anda hindari agar hidup anda fokus dan ada arahan jelas.

#Just note for our self

 

2 thoughts on “Bagaimana cara kita mengenal jati diri

  1. Hal apa yang bisa menjauhkan saya dari yang saya inginkan tadi?

    benar2 pertanyaan yang memancing otak untuk terus bekerja dan berkarya dengan sebaik2nya..

Tinggalkan Balasan

