Rasulullah itu murah senyum

Sobat semua, Rasulullah itu paling sering tersenyum. Jadi bisa dibilang jika kita ini murah senyum, artinya kita sudah memiliki satu akhlaq Rasulullah. Sebagaimana kesan para sahabat terhadap beliau.

Abdullah bin harits ra mengatakan, “Aku tak pernah melihat seseorang yang lebih sering tersenyum dari Rasulullah saw.”

Anas bin Malik juga mengatakan ” Rasulullah adalah orang yang paling mulia akhlaknya, paling lapang dadanya, dan paling luas kasih sayagnya, suatu hari aku diutus Nabi untuk suatu keperluan, lalu aku berangkat. Di tengah jalan, aku menemui anak anak yang sedang bermain. Dan aku pun larut bermain bersama mereka sampai sampai aku lupa bahwa aku sedang disuruh oleh Rasulullah.

Ketika aku sedang asyik bermain tanpa sadar ada seorang berdiri memperhatikan di belakangku dan memegang pundakku. Aku menoleh ke belakang dan aku melihat Rasulullah tersenyum kepadaku lalu berkata, Wahai anak apakah engkau telah mengerjakan perintahku? , Aku pun bingung dan berkata ‘Ya aku akan pergi sekarang ya Rasulullah.’

Demi Allah, aku telah melayani beliau selama sepuluh tahun dan beliau tidak pernah berkata kepadaku, mengapa kau mengerjakan ini? mengapa kau tidak mengerjakannya? (HR. Bukhari)Rasulullah begitu murah senyum dan mampu memberikan kesan paling baik kepada siapapun yang bersamanya. Bahkan jika kita melihat penuturan Anas di atas, bahkan ketika Anas melakukan kesalahan pun, Rasulullah tetap mengingatkannya dengan wajah tersenyum. Mungkin jika kita akan membentak atau menegurnya dengan wajah masam.

itulah teladan kita, itulah Rasulullah, maka apakah kita sebagai umatnya tidak suka tersenyum? Memang senyum itu tidak mudah untuk sebagian yang sulit untuk tersenyum, namun jika kita latih insyaAllah senyum itu mudah dan membahagiakan.

 

 

Tinggalkan Balasan

