Pelaut ulung hasil dari lautan yang keras

kapal laut di tengah badai lautIngin mendapatkan kehidupan yang lebih baik, tapi amalan tetap sama saja. Ini ga masuk akal. Ingin dapet penghasilan lebih banyak, tapi melakukan kerja yang sama saja, ini juga ga masuk akal. Pelaut ulung hasil dari lautan yang keras, itu hukumnya seperti itu.

Aneh banget kadang, banyak orang yang ngeluh kenapa hidupnya begitu begitu aja. Penghasilan ga pernah cukup, waktu semakin tersita, tenaga semakin terkuras. Namun tak ada perubahan yang dia coba lakukan, ataupun tak ada tantangan yang mau dia coba lawan.

Jadi inget pesen dari pa Heppy Trenggono di buku 9 pertanyaan fundamental membangun kekayaan. Ibarat wadah,  kalo kita ini sebesar gelas, hanya cukup menampung air sebanyak gelas. Jangan harap kita bisa menampung air lebih banyak dari itu. Perbesar wadahnya, jangan cuma ngeluh aja!

Oleh karena itu, gimana caranya agar wadah kita semakin besar?

Belajar hal yang baru, cari terus ilmu terupdate yang bisa membuat kita semakin bersaing. Ga mungkin pelaut ulung mau ke lautan penuh badai kalo dia ga tau badai itu kaya gimana, navigasi seperti apa, yang harus dilakukan ketika badai seperti apa. Belajar lagi, banyak baca dan diskusi dengan orang hebat.

Cari tahu pengalaman orang yg sudah berhasil, biar kita semakin semangat dan terus optimis. Biar kita juga tau nasihat paling penting di setiap kondisi yang genting. Anda ingin berhasil di karyawan tertentu, cari tau orang yang berhasil di bidang itu. Anda ingin berhasil menghafal qur’an, cari tau cara orang yang berhasil hufadz 30 juz. Anda ingin bisnis berhasil? cari tau yang bisnisnya sama dengan anda dan bagaimana kisahnya.

Angkat layar dan hadapilah ombak, praktik ke lapangan, terus belajarlah sambil melakukannya. Ilmu tanpa amal itu semu.

Jika anda punya masalah, jangan terlalu sibuk memikirkan masalah itu. Fokus pada masalah cukup 20% saja, sisanya kita fokus pada peluang mencari solusi 80%. Ketika kita memperbaiki diri, insyaAllah masalah kita selesai.

Semoga manfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s