Ada apa dengan PNS kita?

PNS, Pegawai Negeri Sipil. Merupakan salah satu posisi yang cukup diperebutkan oleh banyak orang saat ini. Bagaimana tidak? penghasilan cukup ‘aman’ tiap bulannya dan kesempatan untuk naik jabatan juga menggiurkan. Tak aneh jika setiap ada pendaftaraan calon PNS baru jumlahnya membludak banget. (mirip ujian SNMPTN)

Cuma hari ini saya cukup kaget, sebenernya saya baca salah satu koran lokal bandung kemarin dan didapatkan satu judul “Angka perceraian PNS di kota xxxxx hingga 50%” waw, judul yang jarang banget ditemui, biasanya kan judul tentang politik dan apapun itu.

Lalu saya penasaran, dan waktu menuliskan kata PNS di google search secara otomatis mbah google langsung mengeluarkan beberapa sugesti, satu sugesti yang cocok banget dg judul koran sebelumnya adalah ‘pns selingkuh’. Ini berarti cukup banyak juga berita berita yang google index yang berkaitan dengan perselingkuhan di tataran pegawai negeri sipil.

Tapi bagaimanapun juga, saya pikir mungkin ini hanyalah oknum saja dan pastinya masih banyak PNS yang memiliki ‘kesetiaan’ yang menjaga rumah tangganya tetap utuh.

Seringnya pertemuan

Dalam kehidupan sosial ini. Ada satu hal yang menjadikan perasaan satu dan lainnya kian padu, hal itu adalah interaksi yang berkesinambungan. Seseorang bisa jadi dekat dengan orang lain, bisa terlihat dari kadar pertemuannya, kadar interaksinya, sederhana saja.

Mungkin, kalo melihat beberapa deretan fakta di atas bahwa cukup banyak angka perceraian yang muncul di pegawai negeri sipil. Mungkin karena faktor seringnya pertemuan yang menjadi faktornya.

Seringnya pertemuan ini maksudnya…. Bisa jadi si A itu lebih sering bertemu dengan teman teman di kantornya dibandingkan pertemuan dengan suami atau istrinya di rumah. Secara hitungan sederhana saja, kerja PNS dari jam 7 sampai 5 sore (bener ga ya? saya kurang tau juga sih hehe) sedangkan waktu di rumah dengan keluarga mungkin waktu sisa, jadi sudah pada cape juga energi habis di tempat kerja.

Memperbaiki hubungan dengan keluarga

Perbanyak komunikasi, SMS, telpon atau bagaimanapun caranya sehingga keluarga kita mendapatkan ‘jatah komunikasi yang cukup’ dengan kita. Ini sederhana namun banyak juga yang enggan melakukannya.

Tulisan ini tertuju untuk semua orang yang memiliki banyak sekali aktivitas di kerjaan, dan sedikit waktu dengan keluarga. InsyaAllah, saya yakin dengan seyakin yakinnya, para PNS kita adalah orang orang sholeh dan sholehah, begitu juga kita semua.

Hanya opini saja, lumayan kaget juga gara gara liat berita di koran. Semoga manfaat šŸ™‚

2 thoughts on “Ada apa dengan PNS kita?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s