Mengundang Malaikat

Mengundang Malaikat

“ Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” (rabbunaLlah) Kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, Maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan(memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu..”

(QS. Fussilat[44]: 30)

Bagaimana rasanya di sapa malaikat?? Makhluk Allah yang terbuat dari cahaya ini merupakan penduduk langit yang senantiasa mematuhi perintah Allah. Salah satu sifat mereka adalah mendoakan orang-orang beriman. Dalam Al-qur’an surat Al-mu’minun ayat 7 dan 8, terdapat permohonan malaikat untuk orang-orang beriman,

“(Para Malaikat) yang memikul `Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya
bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya
serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman
(Sambil mengucapkan): “Ya Tuhan kami,
Rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu,
Maka berilah ampunan kepada ORANG-ORANG YANG BERTAUBAT
Dan MENGIKUTI JALAN ENGKAU
Dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang bernyala-nyala,

Ya Tuhan kami,
Masukkanlah mereka ke dalam surga `Adn
Yang telah Engkau janjikan kepada mereka
Dan ORANG-ORANG YANG SALEH di antara
Bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

                Para pencari ilmu yang Allah cintai.. kembali pada surat Fussilat, akan kita temukan satu kalimat yang mudah diucapkan namun mendatangkan ribuan malaikat. RabbunaLlah.. Allahlah Tuhan Kami adalah sebuah kalimat yang jika kita ucapkan, akan menghadirkan malaikat hingga memenuhi langit.. dengan kelembutannya mereka menguatkan pendirian kita dan berkata “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu..”

Seandainya kita bisa melihat malaikat-malaikat tersebut, maka mungkin kita akan terbelak karena tak kuasa melihat banyaknya mereka yang hadir dan mendoakan kita.

Bukan hanya amalan berkata “RabbunaLlah” saja yang bisa mendatangkan malaikat, tapi banyak amalan lainnya seperti infaq, sedekah, dll. Sebuah kisah yang bertautan dengan surat Fussilat ayat 30 ini adalah hadits mengenai istiqamah dan iman, dalam hadits arbain ke 21, disebutkan “Abu Umar Sufyan bin Abdillah Ats Tsaqafy ra, berkata.. Aku berkata , “wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku suatu ungkapan tentang Islam yang tak akan kutanyakan kepada seorangpun selain engkau. Beliau bersabda, katakanlah “Amantu Billah.. (aku beriman pada Allah), kemudian instiqamahlah.” (HR. Muslim)

Betul sekali, dari ayat maupun hadist ini ada kesamaan.. istiqamah.. menjadi salhsatu tolak ukur keimanan kita. Dengan istiqamah itu pula akan datang malaikat yang senantiasa mendoakan kita agar tergugur dosanya, seperti dalam Al-qur’an

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi & petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu & malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Ahzab: 41-43)

Ketika amalan entah diterima atau tidak, ketika lemah hati membawa pada pudarnya keimanan, sebutlah.. RabbunaLlah.. atau Amantu BiLlah.. mudah-mudahan Allah memberikan kita keteguhan yang tak akan tergoyahkan, dan kita menjadi manusia yang dikenal oleh penduduk langit karena selalu membuat mereka mendoakan kita.

Wallahu’alam bi shawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s