Pengen Belajar membaguskan bacaan Al Qur’an

Bismillah…

Ini hanyalah satu pengalaman dari seorang teman, dulu waktu kami masih kuliah tingkat 2 kami bertemu dengan seorang pemuda yang hanif, dan alhamdulillah dia ingin belajar mengaji. Singkat cerita dia mengikuti kegiatan pembinaan keislaman setiap pekan.

Di pertemuan pertama, seperti biasa kami semua membaca Al qur’an bergiliran. Sekilas bacaan pemuda ini masih terbata bata, masih banyak huruf huruf al qur’an yang terbalik dan salah pengucapan, yang panjang menjadi pendek, yang seharusnya ditahan ini tidak ditahan.

Di pertemuan kedua, subhanallah, tidak disangka pemuda ini bisa membaca al qur’an dengan tartil, bahkan hal hal yang biasanya menjadi kesalahan juga berhasil dia hindari. Bacaannya menjadi bagus, bahkan seperti yang sudah mengikuti tahsin al qur’an.

“akh, antum sepekan kemarin belajar tahsin ? alhamdulillah bacaan al qur’an antum jadi lancar sekarang.”

” engga kang, saya ga belajar apa apa..”

lho…..??? terus gimana caranya bisa seperti itu?

Jadi begini yang beliau lakukan.

Pertama, yang ingin beliau hindari adalah 3 hal, kesalahan dalam membaca panjang pendek, kesalahan dalam ghunnah dan hukum yang ditahan, kesalahan dalam membaca qolqolah.

Jadi yang pemuda ini lakukan,

1. Dia cari mp3 tilawah al qur’an yang sering kita temui di internet lalu download.

2. Dia, putar mp3 al qur’an itu lalu di cocokkan dengan al qur’an yang dia baca. Dengan teliti dia ulang mp3 itu berkali kali, sehingga dia faham mengapa bacaannya seperti itu dan terdengarnya seperti itu. (mencocokkan mp3 dengan tulisan al qur’an)

3. Setelah itu dia coba untuk membacanya sesuai dengan yang dia dengan di mp3 tadi, lalu dia ikhtiar untuk membaca surah surah yang lain.

4. Ketika dia bertemu dengan surah baru, dan bingung bagaimana cara membacanya, dia putar lagi mp3 untuk surah tersebut untuk membenarkan jika bacaan dia kurang tepat.

Saudara saudari sekalian, dimana ada kemauan disitu ada jalan insyaAllah….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s