Menghafal 1 hari 1 ayat mudah juga!

Awalnya, bisa dibilang adalah satu hil yang mustahal untuk punya semangat menghapal Al Qur’an lagi. Tapi kemarin kemarin lagi ada program ( yang sebenernya terinspirasi oleh ceramah Ust Yusuf Mansur) mengenai program 1 hari hafal 1 ayat.

Kami mencoba untuk mencobanya, apalagi kebetulan lagi menghadapi 1 halaman al Qur’an yang sulit juga. Hampir 2 pekan hafalan tidak kunjung bertambah, yang ada malah rasa sulit dan susah karena hafalan ga nempel nempel.

Lalu dicoba untuk menghapal 1 ayat tiap harinya, dan alhamdulillah, sudah 4 hari dilakukan dan bertambah 4 ayat (semoga menjadi bentuk tasyakur bin nikmah…)

Lalu bagaimana cara melakukannya, berikut kami tuturkan :

1. Mencoba untuk membaca dengan cara mengulang ulang 1 ayat yang akan dihafal. Baca saja diulang ulang sampai terbiasa.

2. Mulai menghafalnya diluar kepala, Biasanya jika pengulangan di tahap awal itu lumayan banyak akan lebih mudah untuk menghafalnya. (ibarat ngelewatin jalan, semakin sering dilewati semakin mudah hafal dimana lubang, dimana polisi tidur ^^)

3.Kalo sudah hafal 1 ayat tadi, coba untuk mengulang ulang hafalan itu (tanpa membaca) sebanyak mungkin. Sampe kita bosen aja deh hehe… Semakin banyak diulang semakin baik.

4. Jika ada hafalan sebelumnya, misalnya hari ini menghafal ayat 5, jadi kita sudah punya hafalan 1-4, baca hafalan itu (tanpa melihat al qur’an) 1-5 dan ulang ulang terus menerus. Sampe kita bosen lagi ^^

Caranya hanya gitu aja sobat sobat semua, tapi alhamdulillah, minimal dalam sehari hafalan kita bisa nambah 1 ayat, dan kita punya semangat lebih kuat untuk mengkhatamkan hafalan al qur’an.

Kami berharap dengan menguatnya semangat ini, yang awalnya sehari 1 ayat, nanti bisa saja bertambah jadi 2 ayat, atau bahkan 10 ayat atau bahkan sehari 1 halaman. Kita bertahap aja, yang penting semangat menghafalnya makin kuat terus…..

Jangan lupa jadwalkan ketika kamu naik motor atau naik kendaraan atau gimanapun caranya di setiap harinya untuk me murajaah hafalan yang sudah kamu punya biar hafalan itu tetep lancar insyaAllah. Jangan lupa setorin juga ke orang lain, biar kita tau ada yang salah atau tidak ^^

Semoga bermanfaat…

>> Ikut promosi ya, yang mau beli  al qur’an ataupun buku buku tentang al qur’an bisa check Beli Al Qur’an murah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s