Berikan Pada Ahlinya

Berikan kepada ahlinya, inilah satu kaidah yang berlaku dalam berbagai kegiatan. Baik itu dalam hal sepele hingga hal yang sangat rumit, kaidah berikan kepada ahlinya ini akan terus berlaku.

Ibarat service motor, ketika ada kerusakan, jika motor itu diserahkan kepada ahlinya maka dia akan melakukan cek motor dengan teliti dan memeriksa dari hal hal mendasar terlebih dahulu. Misalnya motor mogok, maka yang coba dicek stater dicoba, kalo tidak nyala, lalu dicoba untuk menyalakannya dengan menendang tuas. Dari tahap ini saja bisa diketahui businya rusak atau tidak dan begitu seterusnya.

Lain ceritanya jika yang menangani motor mogok itu orang yang tidak begitu mengerti tentang motor, bisa bisa dia diam terpaku atau bahkan mencoba segala cara yang pastinya tidak efektif.

Ini baru perkara motor, apalagi jika perkara yang jadi permasalahan itu lebih sulit. Misalnya masalah anak, ketika anak sedang bermasalah, maka yang menangani yaa pakar anak. Bisa dari ibu yang berpengalaman hingga mereka yang menekuni pendidikan di bidang itu.

Jika yang menangani orang sembarangan, bisa jadi anak yang sedang bermasalah malah menjadi semakin parah.

Oleh karena itu jangan main main dengan hal sederhana ini, setiap permasalahan itu ada ahlinya. Dan kita belajar kepada ahlinya, jika tidak bisa, kita serahkan kepada ahlinya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s