Persiapan mengajar

Hmm… Sedikit kita bahas mengenai persiapan. Jika dalam peperangan itu, persiapan adalah setengah dari kemenangan. Maka dalam pembelajaran, persiapan adalah setengah dari keberhasilan proses belajar itu sendiri.

Namun sayangnya nih yaa, sering kita temukan mengenai persiapan bagaimana ‘cara mengajar” mungkin kalo menurut kami ini lebih cocok jika disebut, persiapan dalam mempresentasikan mata pelajaran yang akan diajarkan di kelas. Berbagai training dan latihan demi latihan bisa menjadi satu perbaikan penting mengenai permasalahan “cara mengajar”. Jadi insyaAllah mungkin itu akan kita bahas di lain kesempatan.

Nah yang jarang di bahas itu adalah, “persiapan para guru untuk….. MENEMUKAN BAKAT, OBSESI dari yang dia didik” Ini yang cukup jarang ditemui. Setiap guru yang memiliki persiapan akan hal ini, akan memiliki satu purpose dalam setiap kelas yang dia masuki. Yaitu, bagaimana caranya agar anak/siswa/mahasiswa ini bisa menjadi jauh lebih baik di kemudian hari.

Sekolah demi sekolah, perkuliahan demi perkuliahan sekarang hanya menghasilkan mereka yang pintar dan cerdas secara wawasan. Namun banyak diantara orang orang pintar yang ada di negeri ini tidak memiliki karakter membangun bangsa. Hasilnya seperti yang sering sekali kita lihat di media massa, begitu banyak yang pintar, dan begitu banyak kejahatan karena kepintaran yang mereka miliki. Korupsi, tipu menipu, dan banyak lagi kejahatan yang didasari karena kepintaran yang dia miliki.

Jika anda seorang guru, atau dosen, atau orang tua, ataupun pendidik apapun itu. Coba perhatikan hal ini, persiapkan diri anda… bukan hanya “bagaimana cara anda mengajar” tapi lebih jauh dari itu.. Persiapkan bagaimana anda ingin benar benar membentuk para siswa/mahasiswa yang anda didik sebagai pribadi pribadi yang dewasa, matang serta mau memaksimalkan segala potensi mereka untuk kemanfaatan orang banyak.

Ketika kita punya persiapan seperti ini, maka insyaAllah persiapan “cara mengajar yang baik” akan secara otomatis kita dapatkan atau kita usahakan untuk melatihnya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s