Belajar darimana pun

Iqro, bacalah…. bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu…

inilah ayat pertama yang menjadikan awal dari cerita panjang turunnya wahyu Allah kepada Rasulullah saw. Ayat pertama yang hadir adalah perintah untuk membaca, perintah untuk membaca…

Membaca, membaca itu melihat dan mempelajari sesuatu lalu kita mendapatkan ilmu baru dan memiliki sikap yang baru. Dari belajar maka akan muncul pengetahuan baru, ilmu baru, wawasan baru. Dengan wawasan yang baru, kita memiliki pijakan baru untuk melakukan suatu tindakan, untuk bersikap atas apa yang terjadi dalam kehidupan kita. Inilah membaca, inilah pesan dari membaca, belajar, belajar atas segala yang berada di sekeliling kita, lingkungan dan segala isinya.

Oleh karena itu, mungkin ada satu sikap yang mesti jadi sebuah kebiasaan kita semua. Yaitu mencoba untuk belajar dari segala hal yang kita temui. Ketika kita melihat film, ketika berinteraksi dengan semua orang, mulai dari guru, tetangga, keluarga, saudara, orang yg tidak dikenal sekalipun. Bahkan dengan binatang, dengan tumbuhan, gejala alam, semua yang terjadi dalam kehidupan ini kita perhatikan dan kita ambil pelajarannya.

Ketika sikap ini sudah menjadi karakter dalam diri kita, insyaAllah, tak ada masalah yang tak bisa kita carikan jalan keluarnya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s