Menjadi Jembatan antara ilmu dan kenyataan

tujuan seorang guru pada muridnyaFungsi jembatan itu adalah menghubungkan satu tempat ke tempat yang lain. Kalo kita ambil dari prinsip pendidikan, Fungsi pendidikan itu sebagai jembatan bagi para siswa dan pelajar ataupun mahasiswa sehingga mereka bisa berpindah dari satu keadaan kepada keadaan yang lain.

Awalnya mereka yang belajar itu berada dalam kondisi tidak tahu… maka dengan adanya pendidikan tujuannya adalah membuat mereka menjadi tahu. Setelah mereka tahu, maka yang diarahkan oleh para guru adalah membuat mereka untuk meyakini yang mereka tahu itu sehingga menghasilkan sebuah sikap ataupun tindakan.

Tahu >> Sikap & Tindakan

Inilah salah satu tahapan yang jarang sekali dicapai oleh banyak kelas kelas belajar mulai dari SD hingga perkuliahan. Mungkin untuk kelas SD pengetahuan siswa yang berlabuh pada tindakan cukup banyak (karena SD masih ada kecenderungan bermain dan belajar) tapi semakin tinggi tingkatannya semakin jarang yang berujung pada aplikasi.

Pelajaran Bahasa inggris saja, begitu sering kita belajar bahasa inggris, tapi jarang sekali di praktekkan. Andai saja, ada satu kondisi ataupun lingkungan yang memaksa kita semua untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa yang digunakan, insyaAllah kita bakal bisa tuh bahasa inggris dengan waktu yang relatif lebih cepat. Kenapa? karena digunakan….

Itu pelajaran bahasa inggris, yang notabene jadi skill sehari hari (bahasa)… belum pelajaran pelajaran yang lain seperti Matematika, Fisika, Geografi, Biologi, PKN… hmmm…. Butuh ke kreatifan guru yang sangat serius untuk menjadi jembatan para pelajar antara ilmu yang mereka pelajari dan kenyataan yang ada di hadapan mereka.\

2 thoughts on “Menjadi Jembatan antara ilmu dan kenyataan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s