Fokus dalam berdoa

doa-2 Berdoa itu meminta, meminta kepada Allah atas apa kebutuhan yang kita inginkan. Berdoa itu, ibarat kita ada keinginan sesuatu dan kita minta kepada yang punya “sesuatu” itu agar mengkaruniakannya kepada kita. Mirip seperti kita mau pinjem motor ayah kita, dan kita bilang pinjem motornya. Kita bakal pake atau ga itu motor gimana yang punya, dia akan ngasih atau ga… Begitu juga dengan doa, segala keinginan yang ada di dunia dan akhirat ini, pada hakikatnya miliki Allah, maka banyaklah meminta padaNya untuk mengkaruniakannya pada kita.

Nah… yang ingin kita bahas di artikel ini adalah, fokus dalam berdoa. Jadi misalnya kita ingin dikaruniai seorang anak, maka apa yang mesti kita sebutkan dalam doa doa kita? Tidak lain dan tidak bukan adalah doa agar kita dikaruniai anak. dan ini mesti fokus, anggaplah dalam sepekan maka kita berdoa “ingin dikaruniai anak ini setiap hari”. Anggaplah dalam sehari ini ada 5 waktu sholat, maka kita berdoa minta dikaruniai anak ini di 5 waktu sholat itu juga.

Jadi fokus yang ingin kita sampaikan disini itu seperti, waktu sholat subuh, doanya itu, sholat duha doanya itu, waktu sholat dzuhur, doanya itu juga, waktu sholat ashar doanya itu juga, waktu sholat isya, doanya itu juga, waktu sholat malam doanya itu juga, waktu sholat rawatib, doanya itu juga…

Agar apa? Agar kita juga semakin yakin dengan doa doa yang kita sampaikan, dan doa itu tidak terputus. Biarkan Allah yang mengabulkannya, dan ikhtiar kita dalam doa ya seperti tadi. Semakin sering kita meminta, akan semakin serius juga kita dalam meminta, semakin serius kita meminta, maka kita akan semakin sadar bahwa hanya Allah lah tempat untuk meminta dan memberikan ketenangan. Lalu iringilah doa ini dengan ikhtiar yang mantap.

Lebih baik lagi jika, yang kita doakan bukan hanya yg kita inginkan. Coba tambah sholawat dulu… istighfar dan taubat dulu.. (doa nabi yunus misalnya), doa sapu jagat, doa orang tua dulu, doa biar Allah ridhai dulu, doa untuk seluruh muslim dulu… baru deh masuk ke doa yang kita inginkan agar segera terkabul… wallahu’alam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s