Yuk Biasakan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

segarnyaa           Berapa lama biasanya kita tertidur? Rata-rata orang yang bekerja penuh akan tidur 6-8 jam sehari. Maka selama itulah tidak ada asupan makanan atau cairan yang masuk ke tubuh kita. Mungkin ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa kita harus meminum air setelah bangun tidur. Namun ternyata masih banyak manfaat yang Allah hadiahkan, mari simak  🙂

Selain karena alasan di atas, salah satu yang terpenting adalah karena saat tertidur banyak sekali enzim di mulut kita yang terkumpul. Dengan meminum air saat bangun tidur, enzim ini akan terbantu masuk ke tubuh kita. Jadi sebenarnya jika mengingat lagu anak, “bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi” ada yang harus diperbaiki 🙂

Jika setelah bangun tidur kita langsung menggosok gigi otomatis enzim tersebut kita buang secara cuma-cuma. Menurut Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Dr Samuel Oetoro MS, Sp.GK, saat tidur, tubuh mengeluarkan banyak air dengan kata lain terjadi penguapan. Apalagi saat tidur aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolisme sel-sel terus berjalan dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang.

“Itulah sebabnya, kita dianjurkan untuk konsumsi air setelah bangun tidur di pagi hari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, ” katanya saat ditemui di XXI Ballroom,Djakarta Theatre, Rabu 16 Maret 2011.

            Kembali ke masalah enzim, enzim yang tertahan lama di mulut selama kita tidur ini   akan sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan sisa metabolisme tubuh akan keluar dengan mudah agar tidak menumpuk di dalam tubuh. Alasan lain mengapa terapi ini dilakukan setelah bangun tidur yaitu agar zat racun yang terdapat di dalam tubuh dapat terdorong keluar melalui air seni yang dikeluarkan. Sebagai hasilnya, minum air setelah bangun akan mendorong kita untuk buang air seni.

           Setelah membaca paparan di atas, tentu Anda akan senang menerapkan terapi air ini bukan? Mudah dan tidak memakan banyak waktu. Apalagi mengingat aktifitas kita yang sangat padat, segelas air dibangun tidur bisa membuang racun-racun yang akan mengganggu kerja tubuh kita.

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s