Meraih Manfaat Dari Sebuah Misteri Di Pagi Hari (part 1)

Gambar“Pernah, salah seorang penguasa Yahudi, menyatakan bahwa mereka tidak takut dengan orang islam kecuali pada satu hal. Ialah bila jumlah jamaah shalat Subuh menyamai jumlah shalat Jum’at

* * *

Dalam malam yang panjang dan melenakkan, saat fajar hendak menyapa dunia, maka ada sebuah perintah yang Allah hadirkan untuk menguji hamba-hambaNya. Inilah yang kemudian menjadi salah satu tolak ukur bagiNya untuk menentukan kadar keimanan seseorang.

Dalam sebuah hadits shahih, perintah ini memiliki bobot yang berarti. Mari simak hadits berikut,

“sesungguhnya shalat yang paling berat bagi orang munafik adalah shalat Isya’ dan Subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak…”

(HR. Bukhari dan Muslim)

* * *

Apa yang Allah perintahkan pasti memiliki maksud dan tujuan, selain sebagai bentuk penghambaan. Pernahkah terfikir mengapa shalat subuh dikatakan sebagai ujian?? Sesuatu yang berat dilakukan biasanya memiliki sesuatu yang berat juga sebagai penambah timbangan amal kebaikan. Dan hari ini, semoga kita bisa bersama-sama merasakan manfaat dari hal yang banyak sekali orang lupakan. Seperti telah kita simak, “Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak…”

Coba kita bayangkan seseorang yang merangkak hanya karena menginginkan sesuatu.. Luar biasa bukan?? apa yang membuat mereka seperti ini?

Inilah manfaat dari semua misteri ini, baik secara medis maupun ruhani. Semoga bermanfaat.

*Manfaat Ruhiyah

“Dua rakaat fajar (Shalat Sunnah sebelum Subuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.”

 (HR. Muslim)

“Barang siapa yang shalat Isya’ berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam.  Dan barang siapa shalat subuh berjamaah maka seakan-akan ia telah melaksanakan shalat satu malam penuh.” (HR. Muslim)

Dari Abu Hurairah Ra, “Kalau sekiranya manusia mengetahui apa yang tersembunyi dalam adzan dan shaf pertama, maka mereka tidak akan mendapatkan bagian kecuali dengan jalan diundi di dalamnya, niscaya mereka akan ikut serta dalam undian (banyaknya yang berbondong-bondong guna mendapatkan shaaf pertama). Dan jika mereka mengetahui apa yang didapatkan dalam awal kedatangan (shalat jamaah) niscaya akan berlomba-lomba. Dan jika mereka mengetahui apa yang tersimpan di dalam shalat subuh dan isya maka mereka akan mendatanginya walau dengan merangkak.” (HR. Bukhari)

“Barang siapa yang shalat dua rakaat di waktu yang dingin, maka akan masuk surga.”

(HR. Bukhari)

“Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Janganlah meninggalkan shalat sunnah Subuh walaupun kalian dikejar pasukan musuh.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)

“… dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al-‘isra :78)

“Barang siapa yang menunaikan shalat subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba2-coba membuat Allah membuktikan janjiNya. Barangsiapa  membunuh orang yang menunaikan shalat subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan  membenamkan mukanya ke dalam neraka.” (HR. Muslim, At-tirmidzi, dan ibnu majah. Lafal di atas menurut riwayat Ibnu Majah)

Saudara-saudara, lihatlah betapa banyaknya kemuliaan yang Allah hadiahkan dari shalat subuh ini. Bagaimana Allah menjadikan sunnah sebelumnya hingga dikatakan lebih baik dari seluruh isi dunia! Kemudian Allah menjaminnya, menuntut siapa saja yg membunuh orang yang tengah membuktikan cintanya dalam 2 rakaat hingga dibenakmkan ke neraka, dan selain itu siapa yang istiqamah mengerjakannya Allah memberikannya surga.

Masihkah kita ingin mendustakan ini semua???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s