manfaat bercanda

Pada dasarnya dalam kehidupan yang kita miliki, yang kita jalani ini, semuanya pasti dipenuhi oleh warna warni kehidupan. Begitu juga permasalahan yang datang silih berganti menghampiri kita. Ujian berat, hal hal yang tidak mengenakan, hal hal yang selalu menyenangkan semuanya berpadu dan saling bergantian datang. Pastinya, bagi kita semua belum tentu memiliki sikap yang selalu kuat dalam menghadapi semua itu.

Emosi kita mempengaruhi terhadap tindakan serta sikap kita. Jika emosi kita marah, maka tindakan kita dikhawatirkan akan melupakan sedikit rasional kita. Hal yang benar bisa menjadi salah. Hal yang salah bisa menjadi benar jika kita sedang marah. Marah berbeda dengan tegas, akan tetapi kita lebih sering marah ketika ada hal hal yang tidak mengenakan kita.

Emosi kita ketika sedih juga sama, yang ada hanyalah membuat tubuh kita kian lemah, pikiran kian berat dan semuanya serba sulit. Sedih itu perlu, karena pada dasarnya kita semua Allah berikan potensi untuk bersedih hati. Namun ketika sedih, ketika kesedihan terlalu mendominasi diri kita, maka ini bisa sangat sangat mempengaruhi kondisi tindakan kita menjadi sangat turun. Sedih jangan terlalu lama, itulah tuntunan agama kita.

Lalu mengenai bercanda. Mungkin ini salah satu yang bisa membuat kita tertawa. Salah satu jalan pintas untuk menjadi tertawa, untuk bahagia sejenak adalah dengan bercanda. Bahagia, adalah emosi yang paling positif, dan bercanda berakhir pada emosi itu, bahagia. Oleh karenanya, menjadi pribadi yang penuh canda adalah satu seni kehidupan juga yang mesti kita kuasai meskipun sederhana.

Coba kita perhatikan, siapa yang tidak suka bercanda? dari anak kecil hingga orang dewasa sangat menyukai tertawa, dan suka ceria. Karena semua ini kan memberikan emosi bahagia yang kita cari. Kebahagiaan kadang hadir dari tawa sederhana. Kembali kita coba latih diri kita untuk memenuhi setiap perbincangan dalam canda.

Namun ada satu yang mesti kita perhatikan, bercanda jika terlalu sering, terlalu berlebihan juga akan membuat hati sedikit tidak peka. Membuat hati terlalu bahagia dan menjadi kurang hati hati dalam bertindak. Sikap ceria itu perlu, namun harus dibarengi juga dengan sikap hati hati dan takut akan dosa di mata Allah.

Bercandalah untuk mencairkan suasana, bercandalah untuk membuat hidupmu lebih bergairah. Namun hindari berdusta kala bercanda, hindari juga bercanda terlalu banyak, karena kita bukanlah hidup hanya untuk tertawa.

Semoga bermanfaat.

Rumah buku iqro – toko buku online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s