Sedikit kita bahas ttg sabda Rasulullah saw

Ibnu Umar ra berkata. Rasulullah saw memegang pundakku lalu bersabda. ” Jadilah engkau di dunia laksana orang asing atau orang yang menyebrang jalan. Ibnu Umar ra berkata, ‘ Bila engkau berada di sore hari maka jangan menunggu datangnya pagi, dan bila engkau di pagi hari maka jangan menunggu datangnya sore. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum sakitmu dan waktu hidupmu sebelum matimu. : (HR. Bukhari)

Ini salah satu hadits yang Rasulullah saw sampaikan kepada kita semua, dan bisa menjadi salah satu dalil yang cukup kuat untuk banyak hal tentunya. Salah satunya adalah perintah kepada kita semua untuk bisa selalu mengerjakan hal hal, kewajiban kewajiban, tugas tugas dengan segera dan tanpa menunda nunda.

Sebenernya yang menjadi permasalahan kita semua hanyalah masalah ‘menunda’. Benar tidak? misalnya nih ya, ketika waktu dzuhur tiba, ketika suara adzan berkumandang. Apa yang kita kita lakukan? mungkin terbesit dalam hati kita untuk melakukan sholat, namun hati kita juga berbisik… nanti dulu lah… kerjain tugas ini dulu sampai selesai.. masih banyak waktu… Jadi apa masalahnya? kita ini sebenernya rajin, namun masih kalah oleh sesuatu yang namanya ‘menunda’.

Karena ‘menunda’ banyak yang seharusnya bisa sholat tepat waktu namun akhirnya tidak. Karena ‘menunda’ banyak yang seharusnya bisa baca quran 5 lembar per hari namun akhirnya tidak. Karena ‘menunda’ banyak yang seharusnya sudah berumahtangga tapi akhirnya tidak. Karena ‘menunda’ banyak yang seharusnya bisa punya penghasilan yang cukup namun akhirnya tidak. Karena ‘menunda’ banyak yang seharusnya bisa naik haji namun akhirnya tidak. Awal masalahnya sama, mereka kalah ulah ‘menunda’.

Coba lihat perumpamaan yang Rasulullah saw sampaikan, ketika masih pagi sebelum sore kita kerjakan. Ketika masih sore sebelum pagi kita kerjakan tugas yang kita miliki. Ini menunjukan begitu pentingnya waktu waktu yang kita miliki di pagi hari dan di sore hari. Bahkan waktu kita dalam satu hari itu sangat penting. Satu hari yang kita gunakan untuk melakukan hal yang produktif bisa membuat kebaikan kebaikan yang banyak. Begitu juga sebaliknya, satu hari yang kita “tunda tunda’ terus kerjaan kita maka akan berdampak pada hari hari berikutnya.

Maka sederhananya dalam ucapan Rasulullah saw ini, jangan sampai kita menunda apa yang kita bisa lakukan di hari ini. Mumpung kita masih ada waktu luang, mumpung kita masih diberikan kesehatan, mumpung kita masih diberikan harta yang cukup, mumpung kita masih diberikan keluarga, mumpung kita masih diberikan kesempatan untuk belajar, mumpung kita masih diberikan kesempatan untuk hidup.

Semoga bermanfaat.

Rumah Buku Iqro – Toko Buku Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s